|

Fasilitas Belajar SDN Tualang Perbaungan Memprihatinkan

Seorang staf pengajar SDN Tualang Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdangbedagai, memperlihatkan kondisi meja belajar yang masih digunakan  dalam kegiatan belajar-mengajar, Kamis (15/09/2022). Foto AA

Perbaungan- Ternyata, masih ada fasilitas belajar-mengajar di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) yang tidak layak pakai. Salah satunya, di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 101952 Kelurahan Tualang Kecamatan Perbaungan.

Berdasarkan pengamatan, meja dan papan tulis yang digunakan untuk para pelajar SDN tersebut mengalami kerusakan cukup parah. Bahkan, beberapa diantaranya telah berlubang. Menurut pengakuan seorang staf pengajar, Jumarik, usia perlengkapan belajar-mengajar tersebut telah mencapai 10 tahun. Padahal, lanjutnya, beberapa waktu lalu ada pengadaan meja dan kursi sebanyak 28 unit dari Dinas Pendidikan Sergai. 

"Meja dan kursinya cukup bagus. Tapi meja yang lama seperti ini masih tetap digunakan sampai sekarang," paparnya, Kamis (15/09/2022).

Kepala SDN 101952, Nurasiah SPd, membenarkan pengadaan peralatan meja dan kursi tersebut yang bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2022.

"Saya dengar, satu set meja-kursi seharga Rp1,6 juta," ujar Nurasiah lantas berharap, akan ada pengadaan mobiler lagi untuk menggantikan yang lama. 

Saat disinggung mengenai harga satu set meja-kursi tersebut tergolong mahal dibanding dengan yang tercantum di Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPlah) berkisar Rp850 ribu, Nurasiah menolak berkomentar.

"Saya tidak begitu paham karena baru bertugas disini," tukasnya.

Kondisi papan tulis yang sudah tidak layak pakai masih digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar di SDN Tualang Kecamatan Perbaungan Kabupaten Sergai, Kamis (15/09/2022). Foto AA

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai, Suwanto Nasution SPd, yang hendak dikonfirmasi seputar harga beli tersebut melalui telepon selulernya, Kamis (15/09/2022) sekira pukul 14.32 WIB, tidak menjawab. AA

Komentar

Berita Terkini