|

Dinas TPH Sumut Siapkan Bibit Cabai Merah untuk ASN

Plt Kadis TPH Sumut, Hj Lusyantini (tengah), di antara pertanaman cabai merah milik petani Desa Bukit Kecamatan Dolat Rakyat Kabupaten Karo, beberapa waktu lalu. Foto Ist 

Medan- Kebijakan Gubsu Edy Rahmayadi yang menyerukan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Setda Provinsi Sumatera Utara untuk menanam cabai merah, segera ditindaklanjuti pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut. Sebanyak 30 ribu batang bibit cabai merah dalam polibag segera disiapkan di berbagai Unit Pelaksana Teknis (UPT).

"Tahap pertama, kita menyiapkan 30 ribu batang bibit cabai dalam polibag untuk memenuhi kebutuhan para ASN yang ingin bertanam cabai merah," papar Plt Kepala Dinas TPH Sumut, Hj Lusyantini, melalui telepon selulernya, Minggu (12/09/2022) pagi.

Menurutnya, seluruh UPT yang bergerak di bidang hortikultura di jajaran Dinas TPH Sumut telah diinstruksikan untuk melakukan penyemaian benih cabai merah di dalam polibag agar nantinya bisa segera ditanam para ASN. Ia mengklaim, hal itu untuk memudahkan para ASN dalam melaksanakan kebijakan Gubsu Edy tersebut, tanpa harus terlebih dahulu menyemai benih cabai merah dalam sachet ke media tanam.

"Sebagai instansi teknis di bidang pertanian, Dinas TPH Sumatera Utara hanya ingin memudahkan para ASN untuk bertanam cabai merah, sehingga tidak perlu lagi repot menyemai cabai merah," ungkapnya.

Apalagi, Lusyantini mengklaim, pihak Dinas TPH Sumut memiliki beberapa UPT yang memproduksi bibit tanaman hortikultura seperti cabai merah, diantaranya Benih Induk Hortikultura (BIH) Gedung Johor Medan, BIH Kutagadung Berastagi Kabupaten Karo, dan BIH Arse Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Sama halnya Gubsu Edy, Hj Lusyantini juga meyakini, gerakan bertanam cabai minimal dua pot di halaman rumah seluruh ASN di jajaran Setda Provsu, mampu meminimalisir gejolak harga yang kerap terjadi selama ini. 

"Salah satu bentuk dukungan kami terhadap kebijakan Bapak Gubernur Sumatera Utara itu, melalui penyediaan bibit cabai merah dalam polibag. Tahap pertama sebanyak 30 ribu batang dan selanjutnya akan diproduksi lebih banyak sesuai permintaan," tegasnya.

Sementara, Kepala UPT BIH Arse Sipirok, Juswardi Ritonga, membenarkan adanya instruksi dari Plt Kadis TPH Sumut untuk memperbanyak bibit cabai merah dalam polibag. 

"Kita diminta menyiapkan 2.000 batang bibit cabai merah untuk kebutuhan para ASN, selain produksi bibit cabai merah yang telah kita lakukan selama ini," ujar Ritonga via telepon selulernya.

Kepala UPT PTPH Sumut, Marino, didampingi salah seorang Kepala seksi di Bidang Penyuluhan Dinas TPH Sumut, Syafnurdin Asroi, melihat serangan hama dan penyakit di pertanaman cabai milik salah seorang petani di Desa Yogya Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang, beberapa waktu lalu. Foto Ist

Kesiapan memperbanyak bibit cabai merah dalam polibag untuk kebutuhan para ASN juga diungkapkan Kepala UPT BIH Gedung Johor Medan, Muddin Dalimunthe, dan Kepala UPT BIH Kutagadung Berastagi Kabupaten Karo, Lambok Turnip.

"Kita siap melaksanakan arahan Ibu Plt Kepala Dinas TPH Sumatera Utara menyediakan bibit cabai merah untuk mendukung kebijakan Bapak Gubernur dalam upaya menggalakkan pertanaman cabai merah di halaman rumah setiap ASN jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara," tandas keduanya melalui telepon seluler, dalam kesempatan berbeda. Fey  

Komentar

Berita Terkini