|

Di Sibolga, Gubsu Edy Resmikan SMK Unggulan Zona I

Gubs Edy meresmikan delapan SMK Pusat Keunggulan Zona I, saat hadir di halaman SMKN 3 Sibolga, kawasan Jalan Tukka Sibuluan Raya, Rabu (28/09/2022) siang. Foto Ist

Sibolga- Gubsu Edy Rahmayadi meresmikan delapan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan Zona I Sumut, saat hadir di SMKN 3 Sibolga, kawasan Jalan Tukka Sibuluan Raya, Rabu (28/09/2022).

Menurutnya, SMK Unggulan Zona I Sumut yang terdiri atas SMK Sibolga, Pematangsiantar, Indrapura, Marancar, Lumut, Panyabungan, Perdagangan dan Sinunukan itu diharapkan mampu menghasilkan pelajar berprestasi dan bersaing di dunia industri. 

"Saya minta guru-guru dan para pemangku kepentingan lainnya untuk memprioritaskan dunia pendidikan dengan fasilitas yang dapat melahirkan siswa berprestasi," paparnya. 

Ia mengemukakan, kemajuan suatu bangsa ke depan ditentukan oleh kualitas SDM (Sumber Daya Manusia, red), bukan melimpahnya SDA (Sumber Daya Alam, red). Gubsu Edy mengingatkan para Kepala Dinas Pendidikan dan kepala sekolah untuk tidak mengikutkan para pelajar ke dalam politik. Hal ini mengingat, tugas para pelajar adalah belajar untuk kemajuan bangsa di masa depan.

"Potensi wilayah yang luas dan SDM yang banyak, merupakan bonus demografi untuk Sumut dan harus dimanfaatkan serta dikelola secara baik," imbaunya.

Pada kesempatan itu, Gubsu Edy juga menyerahkan bantuan 20 ribu benih ikan pada Kelompok peternak ikan Sibolga, sertifikat industri dunia kerja pada guru dan bingkisan pada purna guru, serta menyerahkan beasiswa untuk pelajar terbaik.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Asren Nasution, menyatakan, peresmian delapan SMK Pusat Keunggulan ini, membuat Sumut telah memiliki 65 SMK Pusat Keunggulan. 

"Lulusan SMK unggulan ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan SDM dalam dunia industri, ujarnya. 

Tampak hadir, Direktur SMK Ditjen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Wardani Sugiyanto, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin, Ali Murtopo Simbolon, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Asren Nasution, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut, Baharuddin Siagian, Plt Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Hj Lusyantini, Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Forkopimda, para guru serta ribuan pelajar SMK dan wali murid. Fey

Komentar

Berita Terkini