|

Dinas TPH Sumut Distribusikan Bibit Jahe dan Pisang Barangan

Kepala Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Mohd Adli Putra SP MSi (tengah berkacamata) foto bersama dengan perwakilan anggota Poktan Harapan Jaya Desa Sipituhuta Kecamatan Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan yang menerima bantuan bibit jahe dari APBN Tahun Anggaran 2022, beberapa waktu lalu. Foto Ist 

Deliserdang- Pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut mendistribusikan sebanyak 80 ribu bibit pisang barangan dan 20 ton bibit jahe kepada sejumlah anggota kelompok tani (poktan) di berbagai kabupaten.

"Saat ini kita masih mendistribusikan bibit jahe ke anggota kelompok tani di Kabupaten Dairi," ungkap Kepala Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Mhd Adli Putra SP MSi, melalui telepon selulernya, Kamis (04/08/2022) malam.

Ia mengemukakan, bantuan tersebut bersumber dari APBN Tahun 2022. Untuk bibit pisang barangan, kata Adli, bantuan diberikan kepada para petani di tiga kecamatan wilayah Kabupaten Deliserdang, masing-masing Kecamatan Biru-Biru, STM Hulu dan STM Hilir dengan jumlah mencapai 50 ribu batang. Kemudian poktan di Kabupaten Asahan sebanyak 20 ribu batang dan Kabupaten Asahan sebanyak 10 ribu batang

Dicontohkannya untuk Kecamatan Biru-biru, terdapat tiga poktan penerima bantuan, yakni Poktan Ujung Meriah Deka Desa Periara Kecamatan Biru-Biru, serta Poktan Arih Ersada dan Poktan Getah Ernalu Desa Gerat Kecamatan Biru-Biru.

"Bantuan bibit pisang barangan hasil kultur jaringan dan bibit jahe gajah ini berasal dari dana APBN Tahun Anggaran 2022," tuturnya.

Adli merinci, Poktan Ujung Meriah Deka menerima 10 ribu batang bibit pisang dan 35 ton pupuk organik. Khusus Poktan Arih Ersada, menerima lima ribu bibit pisang dan 35 ton pupuk organik dan Poktan Getah Ernalu mendapatkan lima ribu bibit pisang dan 17,5 ton pupuk organik.

Sementara, kata Adli, bantuan bibit jahe sebanyak 20 ton berikut pupuk organik diberikan kepada sejumlah anggota poktan di empat kabupaten dengan total areal seluas 40 hektar (Ha). 

"Setiap kabupaten mendapatkan bantuan untuk pertanaman jahe di areal seluas 10 hektar," ujarnya.

Pihak Dinas TPH Sumut foto bersama usai menyerahkan bantuan bibit pisang barangan kepada anggota poktan di Kecamatan Biru-Biru Kabupaten Deliserdang, beberapa waktu lalu. Foto Ist 

Di Kabupaten Deliserdang, dua poktan penerima, yakni Subur dan Melati II Desa Bah Buntu Kecamatan STM Hulu yang masing-masing menerima 2,5 ton bibit jahe dan 15,5 ton pupuk organik. Begitu juga di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), terdapat empat poktan di Desa Sipituhuta Kecamatan Pollung yang menerima bantuan bibit jahe berikut pupuk organik. Keempat poktan dimaksud, masing-masing, Dosroha Marade (2 ton bibit dan 10,4 ton pupuk organik), Poktan Muslimah (1 ton bibit dan 5,2 ton pupuk organik), Poktan Tunas Muda (1,5 ton bibit dan 7,8 ton pupuk organik), serta Poktan Harapan Jaya (500 kg bibit dan 2,6 ton pupuk organik).

"Kalau Kabupaten Deliserdang hanya dua poktan penerima, dan di Kabupaten Humbang Hasundutan ada empat poktan, di Dairi dan Toba masing-masing ada lima poktan penerima bantuan," sebut Adli  

Ditambahkannya, kelima poktan penerima bantuan di Kabupaten Dairi berasal dari Desa Pegagan Julu III Kecamatan Sumbul. Kelima poktan dimaksud adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Mekar, KWT Sejahtera, KWT Kartini, Poktan Jaya dan Poktan Satahi Saoloan. 

"Kelima poktan masing-masing menerima satu ton bibit jahe dan 5,4 ton pupuk organik," paparnya.

Tidak jauh berbeda di Kabupaten Toba. Adli menyatakan, terdapat lima poktan penerima bantuan di Desa Dolok Nagodang Kecamatan Uluan, yakni Lamtama, Sepadan, Anggiat Maju, Maduma dan Dos Roha. 

"Hari ini kita sudah mendistribusikan seluruh bantuan bibit jahe dan untuk bantuan pisang masih terus kita lakukan pendistribusiannya," urai Adli.        

Perwakilan anggota Poktan Jaya Desa Pegagan Julu III Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi memperlihatkan bantuan bibit jahe dan pupuk organik yang baru diterima dari pihak Dinas TPH Sumut, Kamis (04/08/2022) malam. Foto Ist

Saat dikonfirmasi di ruang kerjanya pada Jumat (05/08/2022) pagi, Plt Kepala Dinas TPH Sumut, Hj Lusyantini, membenarkan pendistribusian bantuan bibit pisang dan jahe tersebut. 

"Memang benar pendistribusian bantuan bibit jahe telah selesai tadi malam," tukasnya.

Mengenai pendistribusian bibit pisang barangan yang masih dalam proses penyelesaian, Hj Lusyantini mengakui, hal itu karena stoknya terbatas.

"Kita mendistribusikan bantuan bibit pisang barangan hasil kultur jaringan secara bertahap dan Insya Allah segera selesai dalam waktu dekat," tegasnya.

Lusyantini berharap, bantuan bibit berikut pupuk organik tersebut bermanfaat bagi para penerima, sehingga kesejahteraan petani semakin meningkat.

"Mohon rawat tanaman itu dengan sebaik-baiknya agar bisa mendapatkan hasil panen maksimal," tandasnya. Fey 

Penyerahan bantuan bibit jahe berikut pupuk organik kepada perwakilan poktan di Kabupaten Toba, beberapa waktu lalu. Foto Ist 


Komentar

Berita Terkini