|

Artis Dompak Sinaga Tampil di Geosite Sipinsur

Sederet artis bakal memeriahkan puncak acara Festival Raja Sisingamangaraja di Geosite Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbahas, Sabtu (30/07/2022) malam. Foto Ist 

Doloksanggul- Sederet nama artis, diantaranya Dompak Sinaga, Tongam Sirait & Band, Mastiani Sirait dan Sininta Voice, bakal tampil memeriahkan Festival Raja Sisingamangaraja di obyek wisata alam Geosite Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sabtu (30/07/2022) mendatang.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Humbahas, Harapan Sibarani, launching Festival Raja Sisingamangaraja telah dilakukan di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul pada Senin, 11 Juli 2022 silam.

"Puncak acaranya pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 nanti," tukas Harapan Sibarani di ruang kerjanya, Selasa (26/07/2022).

Sebelum puncak acara, lanjutnya, Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor dan rombongan, termasuk tokoh masyarakat Sionom Ompu (keturunan Raja Sisingamangaraja Baktiraja, red) akan disambut di pintu masuk Sipinsur dengan atraksi monsak dan tari-tarian.

Ia mengemukakan, sejumlah permainan tradisional ditampilkan dalam festival, seperti marsiada, marjalengkat, marsitekka dan martali goyang. Selain itu, akan diadakan fragmen berjudul Raja Sisingamangaraja dan Boru Lopian yang dibawakan Sanggar Seni. 

Harapan Sibarani menyatakan, kegiatan festival juga dimeriahkan dengan peragaan busana dalam kemasan Lake Toba Fashion Week yang akan diikuti model profesional dengan tema ulos Humbang Sibori. Tidak ketinggalan, pengambilan foto di lokasi obyek wisata alam Sipinsur sebagai bahan promosi pariwisata Kabupaten Humbang Hasundutan. 

"Banyak kegiatan lomba, atraksi budaya, termasuk pameran produk UMKM desa yang tampil di Festival Raja Sisingamangaraja ini, sehingga rugi kalau masyarakat tidak datang," tuturnya. Fey

Komentar

Berita Terkini