|

Ada W20 Toba Expo di Parapat

Ketua TP PKK Sumut, Hj Nawal Lubis, saat membuka perhelatan W20 Toba Expo di Hotel Niagara Parapat Kabupaten Simalungun, Selasa (19/07/2022). Foto Ist

Parapat- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut, Hj Nawal Lubis, bersama Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno serta Menteri pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, membuka secara resmi perhelatan W20 (Women 20) Toba Expo di Hotel Niagara, Parapat, Kabupaten Simalungun, Selasa (19/07/2022). 

Perhelatan promosi produk Usaha Kecil Menengah (UKM) ini diikuti 10 produk, mulai pakaian hingga industri kecil. Ke-10 produk tersebut dipilih dari 300 peserta yang memiliki ide terbaik untuk UKM. Salah satu yang mencuri perhatian adalah MaggoBox, kotak sederhana untuk memproduksi maggot. Ada juga kain hasil tenun anak-anak disabilitas yang tidak kalah kualitasnya dengan kain tenun biasa.

"Melalui expo ini kita ingin produk lokal bisa lebih mendunia dan W20 memberikan jalan agar itu tercapai," papar Nawal Lubis usai membuka W20 Toba Expo.

Ia berharap, event W20 Toba Expo mampu melahirkan UKM baru dengan ide yang cemerlang. Menurutnya ide merupakan kunci utama dalam melahirkan produk yang baik.

"Adu ide sangat penting untuk industri kreatif, jadi enggak ikut-ikutan. Semoga UKM kita semakin kreatif dan semakin maju lagi setelah expo ini," sebutnya.

Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengharapkan UKM, terutama industri kreatif terus tumbuh. Ia meyakini, hal itu akan mempercepat pemulihan perekonomian dan pembangunan, terutama di Sumut.

"Kita harap industri kreatif terus tumbuh, tidak cuma go digital tetapi juga go global dan ini salah satu jalannya di W20 Toba Expo," ujar Sandiaga yang saat itu didampingi sang istri, Nur Asia Uno.

Sebelumnya, Chairwomen W20, Handriani Uli Silalahi, menyatakan, sebanyak 10 UKM dari 300 UKM yang terpilih mendapat dana untuk memperluas produksi dan inkubasi bisnis. Harapannya, UKM tersebut mampu memperluas produksi dan jangkauan pemasarannya.

"Ide mereka sungguh luar biasa, pemenang dari 300 peserta lomba ide kreatif ini kita beri dana dan juga inkubasi bisnis. Mudah-mudahan terus semakin baik," tuturnya.

Tampak hadir pada kesempatan itu, sejumlah Duta Besar negara sahabat. Fey

Komentar

Berita Terkini