|

Petani Madina Terima Benih Bantuan APBD Sumut

Kepala Seksi Sayur dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Adri Airil Nasution, menyerahkan secara simbolis bantuan bawang merah kepada perwakilan Kelompok tani Jaya Tani di halaman Kantor UPTD BP3 Dinas Pertanian Madina, kawasan Desa Darussalam Kecamatan Panyabungan, Madina, Rabu (08/06/2022) siang. Foto Fey 

Panyabungan- Sebanyak lima kelompok tani (poktan) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara menerima bantuan pupuk kompos dan bibit bawang merah yang bersumber dari APBD Sumut tahun 2022, Rabu (08/06/2022) siang.

“Bibit bawang merah bantuan ini jangan dijual untuk konsumsi karena berbahaya bagi kesehatan,” ujar Kepala Seksi Sayur dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, Adri Airil Nasution, dalam acara penyerahan bantuan di Aula UPTD Balai Pelaksana Penyuluh Pertanian (BP3) Desa Darussalam Kecamatan Panyabungan, Madina.

Ia menyatakan, bantuan tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Diharapkan, para petani penerima bantuan mampu memanfaatkannya secara baik dan benar. Adri juga mengimbau petani memeriksa bibit secara teliti sebelum menerima bantuan. Tentunya, peran dari petugas Pengawas Benih Tanaman untuk mendampingi petani sangat dibutuhkan agar bibit yang diterima dalam kondisi bagus.

“Tanam, rawat dan kembangkan bibit bawang merah bantuan ini. Nantinya, sisihkan sebagian hasil panen untuk bibit di musim tanam berikutnya,” pesan Adri yang hadir mewakili Plt Kadis TPH Sumut, Bahruddin Siregar.

Dikemukakannya, kelima poktan yang menerima bantuan yakni Poktan Bersama Desa Salambue Kecamatan Panyabungan, Poktan Aek Sotul dan Jaya Tani Desa Sayur Maincat Kecamatan Hutabargot, Poktan Harapan Jaya Kelurahan Siabu Kecamatan Siabu serta Poktan Roburan Jaya Sejahtera Desa Roburan Dolok Kecamatan Panyabungan Selatan. Masing-masing poktan, kata Adri, menerima 700 kilogram (kg) bibit bawang merah varietas Batu Ijo berikut 4 ton kompos untuk pertanaman seluas 1 hektar (Ha). 

Selain itu, pihaknya juga menyalurkan bantuan berupa bibit cabai merah dan pupuk kompos kepada sejumlah poktan di Madina.

“Bantuan cabai merah di Kabupaten Mandailing Natal seluas 17 hektar. Setiap hektar mendapatkan 10 sachet bibit cabai, empat ton pupuk kompos dan 20 gulung mulsa,” tuturnya.

Tak hanya itu, kata Adri, Kabupaten Madina mendapatkan bantuan kentang untuk pertanaman seluas 4 Ha. Setiap hektar, para petani menerima 3 ton pupuk kompos dan benih sebanyak 700 Kg. 

Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Madina, Khairul, didampingi Pengawas Benih Tanaman, Suci (pake hijab), memeriksa bibit bawang merah sebelum diterima perwakilan kelompok tani di halaman Kantor UPTD BP3 Dinas Pertanian Madina, kawasan Desa Darussalam Kecamatan Panyabungan, Madina, Rabu (08/06/2022) siang. Foto Fey 

Pihaknya mengingatkan para penerima bantuan juga diingatkan untuk segera menanam bibit bantuan serta menyimpan label sertifikat yang ada. Selama ini, para petani penerima bantuan terkesan membiarkan bibit, sehingga mayoritas menjadi rusak.

“Tolong segera tanam bibit bawang ini dan simpan label sertifikatnya,” sebutnya.

Sementara, Kadis Pertanian Madina, Siar Nasution, berjanji untuk mengawal bantuan tersebut dalam pelaksanaannya di lapangan agar kesejahteraan petani bisa meningkat. Apalagi, Kabupaten Madina memiliki tanah yang subur dan ketercukupan air untuk mendukung pertanaman petani.

“Bantuan ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Makanya akan kita kawal pelaksanaannya,” tegasnya.

Salah seorang penerima yang juga Ketua Poktan Bersama, Sabaruddin Muhammad, berterimakasih karena telah dipercaya pemerintah untuk mendapatkan bantuan bibit bawang berikut pupuk kompos.

“Semoga ke depan, ada bantuan lain untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” tandasnya. Fey

Kadis Pertanian Madina, Siar Nasution, memberikan arahan kepada perwakilan kelompok tani sebelum menyerahkan bantuan secara simbolis di Aula UPTD BP3, kawasan Desa Darussalam Kecamatan Panyabungan, Madina, Rabu (08/06/2022) siang. Foto Fey 


Komentar

Berita Terkini