|

Dinas TPH Sumut Bantu Power Thresher Multiguna

Plt Kadis TPH Sumut, Bahruddin Siregar (nomor empat dari kanan) menyerahkan bantuan kepada Kadis Pertanian Simalungun, Ruslan Sitepu, di halaman belakang kantor Dinas TPH Sumut, kawasan Jalan AH Nasution Medan, Jumat (27/05/2022) siang. Foto Fey

Medan- Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumatera Utara, Bahruddin Siregar, menyerahkan empat unit Power Thresher Multiguna kepada perwakilan kelompok tani (poktan) dari Kabupaten Simalungun dan Tapanuli Utara, di halaman belakang kantor dinas tersebut, kawasan Jalan AH Nasution Medan, Jumat (27/05/2022) siang.

"Ini salah satu komitmen Gubernur Sumatera Utara, Bapak Edy Rahmayadi dalam sektor pertanian," ungkap Bahruddin, usai menyerahkan bantuan kegiatan Sarana Prasarana Pascapanen tahun 2022 yang bersumber dari dana APBN tersebut.

Ia berharap, bantuan berupa mesin perontok padi, jagung dan kedelai itu bisa dimanfaatkan kelompok tani dengan sebaik-baiknya. Apalagi, kata Bahruddin, power thresher mampu meminimalisir tingkat penyusutan serta kehilangan hasil saat proses perontokan.

"Bila cara manual selama ini, tingkat penyusutan dan kehilangan hasil saat proses perontokan cukup banyak," tukasnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga meminta kepala dinas pertanian kabupaten/kota di Sumut untuk terus memperhatikan kebutuhan petani.   

"Jangan ragu untuk berkomunikasi langsung dengan kita (Dinas TPH Sumut, red) bila ada petani yang membutuhkan bantuan, seperti benih atau pun sarana prasarana pertanian lainnya," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun, Ruslan Sitepu, yang hadir langsung menyaksikan penyerahan bantuan tersebut, sangat berterima-kasih atas kepedulian Gubsu Edy terhadap para petani tanaman pangan. 

Menurutnya, hal ini sejalan degan visi Bupati/Wakil Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga/H Zonny Waldi, yakni 'Rakyat Harus Sejahtera'.

"Kami sangat berterima-kasih atas bantuan ini dan berharap bantuan untuk para petani Simalungun tetap berlanjut di masa mendatang. Petani Maju, Sumut Bermartabat," tegas Ruslan.

Plt Kadis TPH Sumut, Bahruddin Siregar (pakai peci hitam) dan Kasi Aneka Kacang dan Umbi Bidang Tanaman Pangan, Unedo Koko Nababan (kemeja biru) berbincang dengan teknisi mesin power thresher multiguna, usai penyerahan bantuan, Jumat (27/05/2022) siang. Foto Fey

Di sela kegiatan, Kepala Seksi Aneka Kacang dan Umbi Bidang Tanaman Pangan Dinas TPH Sumut, Unedo Koko Nababan, menjelaskan, sebanyak tiga poktan di Kabupaten Simalungun yang menerima bantuan power thresher itu, masing-masing Poktan Dosroha Desa Bahalat Bayu Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi dengan Ketua Kadirun Sinaga, Poktan Maju Bersama Desa Gunung Mariah Kecamatan Dolok Panribuan (Naomen Butar-butar) dan Poktan Bunga Mawar Desa Talang Bayu Kecamatan Hutabayu Raja (Sutarmin). Sementara, untuk Kabupaten Tapanuli Utara, power Thresher diserahkan langsung kepada Ketua Poktan Maju Jaya Bersama Desa Hutaraja Kecamatan Sipoholon, Ronal Sibagariang.

"Sebelumnya, para penerima telah mengikuti pelatihan agar bisa menggunakan power thresher multiguna ini," sebutnya.

Ketua Poktan Bunga Mawar, Sutarmin, yang ditemui usai kegiatan, mengaku bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk digunakan anggotanya.

"Mudah-mudahan, tingkat penyusutan dan kehilangan hasil saat proses perontokan bisa diminimalisir melalui power thresher ini," tandasnya. Fey

Komentar

Berita Terkini