|

Masjid Al Azhar Dinas TPH Sumut Gelar Tarawih lagi

Sekretaris Panitia Ramadan 1443 H Masjid Al Azhar Dinas TPH Sumut, Amran (kemeja kotak-kotak), saat memimpin rapat persiapan terakhir, Jumat (01/04/2022) malam. Foto Fey  

Medan- Sempat vakum beberapa tahun akibat pandemi Covid-19, pihak Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Azhar Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut kembali menggelar ibadah sholat Tarawih pada Ramadan 1443 H/2022.

"Kepala Dinas TPH Sumatera Utara, Bapak Bahruddin Siregar, melalui Ketua BKM Al Azhar, Bapak Juwaeni, mengamanahkan kepada kami untuk menyelenggarakan ibadah sholat Tarawih pada tahun ini," ungkap Sekretaris Panitia Ramadan, Amran SP, di sela rapat persiapan terakhir, Jumat (01/04/2022) malam.

Ia mengakui, persiapan waktu yang tergolong singkat yakni berkisar satu minggu, membuat panitia kecil cukup kesulitan untuk menghadirkan penceramah agama. Beruntung, sebanyak enam ustad secara bergantian bersedia tampil memberikan tausyiah selama 15 menit setelah menunaikan sholat Isya. Itu pun, kata Amran, acara tausyiah hanya ada pada saat Jumat malam dan Sabtu malam. 

"Kepastian bisa tidaknya menyelenggarakan ibadah sholat Tarawih baru kita peroleh pada Minggu lalu. 

Makanya kita kemudian berbagi tugas untuk mencari ustad yang akan memberikan tausyiah," paparnya. Dalam catatan panitia, sederet nama ustad yang bakal tampil memberikan tausyiah di Masjid Al Azhar, masing-masing, Buchori, Ahmad Aliandi Nasution, Junaidi Al Faqhi, Chaidir Lubis, Azman Nasution, dan Pamonoran S. 

Sementara, Bendahara Panitia Ramadan, Syarifuddin Siregar, menyatakan, sejumlah persiapan telah dilakukan demi menyemarakkan bulan suci Ramadan di lingkup Dinas TPH Sumut. Utamanya, membenahi fasilitas Masjid Al Azhar agar nyaman digunakan untuk beribadah. Beberapa diantaranya, membersihkan ambal Masjid dan melakukan service pada seluruh alat pendingin ruangan (Air Conditioner, AC).

"Kita berupaya membuat jamaah Masjid menjadi nyaman saat beribadah," tukas pria yang kesehariannya menjabat sebagai Kasubbag Umum Dinas TPH Sumut ini.

Selain menggelar ibadah sholat Tarawih, pihak panitia juga menyediakan makanan kecil dan minuman untuk disantap saat berbuka puasa. Begitu juga bila ada jamaah yang ingin melakukan tadarus Al-Qur'an usai sholat Tarawih, disiapkan makanan ringan berikut minuman untuk menghangatkan tubuh.

"Insya Allah, kita ingin meramaikan kembali malam-malam di bulan Ramadan dengan berbagai amalan dan ibadah agar bisa secara khusuk mendekatkan diri pada Sang Khalik," tuturnya.

Imam Masjid Al Azhar Dinas TPH Sumut, Naamuddin Lubis. Foto Fey

Di tempat yang sama, Imam Masjid Al Azhar, Naamuddin Lubis, menyambut positif pelaksanaan ibadah sholat Tarawih yang kembali digelar. Alasannya, sejak beberapa tahun terakhir, umat muslim tidak bisa sempurna merasakan nikmatnya bulan Ramadan karena larangan beribadah di Masjid akibat pandemi Covid-19. 

"Mari kita kembali meramaikan Masjid untuk menyemarakkan bulan Ramadan yang penuh berkah dan ampunan ini," imbau mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara ini.

Sekadar informasi, dalam upaya menyambut kehadiran bulan suci Ramadan 1443 H, pihak Dinas TPH Sumut juga telah membagikan sebanyak 100 paket bantuan pokok kepada tenaga outsourching di jajarannya, anak yatim piatu di lingkungan Kecamatan Medan Johor dan Masjid di kawasan Desa Tangkahan Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang. Fey

Plt Kadis TPH Sumut, Bahruddin Siregar, diwakili Kepala UPT PTPH Sumut, Marino (kanan), didampingi Kasubbag Umum Dinas TPH Sumut, Syarifuddin Siregar, menyerahkan 20 paket bahan pokok kepada pihak BKM Masjid di Desa Tangkahan Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang, Jumat (01/04/2022) siang. Foto Ist 


Komentar

Berita Terkini