|

Marhaban Ya Ramadan

Ustad Buchori (keempat dari kiri) bersama sejumlah jamaah usai sholat Tarawih perdana di Masjid Al Azhar, komplek Kantor Dinas TPH Sumut, Jalan AH Nasution No 6 Medan, Sabtu (02/04/2022) malam. Foto Fey

Medan- Guyuran hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Kecamatan Medan Johor pada malam perdana pelaksanaan sholat Tarawih, tidak menyurutkan minat puluhan warga untuk datang ke Masjid Al Azhar Komplek Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut di kawasan Jalan AH Nasution Medan, Sabtu (02/04/2022) malam.

"Marhaban Ya Ramadan. Manfaatkan momen bulan Ramadan ini untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Subhannallahu Wa Ta'ala," papar Ustad Buchori, dalam tausyiahnya sebelum sholat Tarawih.

Diakuinya, selama dua tahun terakhir, pelaksanaan ibadah Ramadan, khususnya sholat Tarawih di Masjid terganggu akibat pandemi Covid-19. Bahkan, tidak sedikit Masjid yang tidak diperkenankan untuk menyelenggarakan sholat Tarawih. Beruntung, pada Ramadan 1443 H/2022, pemerintah mengizinkan pelaksanaan sholat Tarawih di Masjid, meski Covid-19 masih membayangi masyarakat di negeri ini.

"Mari kita manfaatkan bulan penuh kemuliaan ini untuk memperbanyak amal ibadah sebagai bekal di akhirat kelak," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Ustad Buchori menjelaskan sejumlah keutamaan bulan Ramadan. Salah satunya, Ramadan merupakan bulan kesabaran.

"Puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga, tapi juga segala hawa nafsu, termasuk amarah," tukasnya.

Selain itu, kata Ustad Buchori, Ramadan merupakan bulan zakat, sedekah, dan infak. 

"Kita harus memperbanyak sedekah dan infak selama bulan Ramadan," sebutnya.

Ia menambahkan, pada bulan Ramadan juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an dan berdoa. Hal ini mengingat, salah satu keutamaan bulan Ramadan lainnya adalah terdapat doa yang mustajab di dalamnya. 

"Kita dapat memperbanyak mendekatkan diri kepada Allah Subhannallahu Wa Ta'ala, salah satunya dengan berdoa," ujar Ustad Buchori.

Sebelumnya, Plt Kadis TPH Sumut, Bahruddin Siregar, diwakili Sekretaris Panitia Ramadan 1443 H Masjid Al Azhar, Amran, mengaku bersyukur dengan tingginya partisipasi para jamaah yang hendak menunaikan sholat Tarawih. 

"Terima kasih atas kehadiran bapak-bapak, ibu-ibu, adik-adik dan anak-anak semua yang bersedia hadir pada malam ini, meski dua tahun Masjid Al Azhar tidak menyelenggarakan sholat Tarawih," urainya.

Amran mengemukakan, sholat Tarawih yang dilaksanakan di Masjid Al Azhar akan berlangsung sebanyak 20 rakaat, disusul tiga rakaat sholat witir sebagai penutup. Pihaknya berharap, para jamaah yang hadir malam ini bisa menginformasikan kepada jiran tetangga bahwa Masjid Al Azhar kembali bisa digunakan untuk sholat Tarawih.

"Kita semarakkan malam Ramadan tahun ini dengan sholat Tarawih dan tadarusan Al-Qur'an di Masjid Al Azhar. Panitia juga menyediakan makanan untuk berbuka puasa setiap sore," tandasnya. Fey

Komentar

Berita Terkini