|

Abrasi, Jembatan Bandar Senembah Binjai Terancam Roboh

Abrasi yang terjadi di kolong jembatan besi kawasan Jalan Gatot Subroto Binjai Barat, Kamis (18/11/2021). Foto Bewe

Binjai- Bantaran Sungai Bingai yang berada tepat di kolong Jembatan Bandar Senembah (Titi Gantung, red) kawasan Jalan Gatot Subroto Binjai Lingkungan 11 Kelurahan Limau Mungkur Kecamatan Binjai Barat, kembali mengalami abrasi, Kamis (18/11/2021). Bila tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan, jembatan tersebut akan roboh.

Berdasarkan pengamatan, kondisi jembatan di belakang Rumah Dinas Walikota Binjai itu semakin diperparah dengan ambrolnya pondasi yang digunakan sebagai penahan jembatan. Tentu saja, hal itu sangat membahayakan warga sekitar dan juga pengendara bermotor yang melintasi jembatan tersebut. Apalagi, berjarak sekira 5 meter di sebelah bantaran Sungai Bingai itu, terdapat rumah warga. 

"Tadi malam ambrolnya bang. Mungkin karena air naik ditambah lagi getaran dari kendaraan bermotor yang ramai melintas," ungkap Dalilah, pemilik rumah sekaligus rumah makan yang berada tepat di sebelah lokasi abrasi kepada awak media, Kamis (27/11/2021) siang.

Kekhawatiran Dalilah semakin bertambah setelah melihat dinding tanah di kolong jembatan yang menghubungkan Kecamatan Binjai Kota dengan Kecamatan Binjai Barat tersebut, terlihat mulai terkikis air Sungai Bingai.

"Dua hari yang lalu disini pun amblas (abrasi, red), makanya pondok lesehan yang berada di tepi sungai kami dibongkar. Apalagi saat ini musim hujan, kami takut kalau tanah ini semakin ambrol karena abrasi," sebutnya, sembari menunjukkan lokasi yang mengalami abrasi.

Agar tidak semakin membahayakan warga dan juga para pengguna kendaraan bermotor yang melintas di jembatan itu, warga berharap kepada instansi terkait segera memperbaiki kondisi jembatan serta pondasi penahannya. 

"Dulu ada dari Pemprovsu melihat kesini, tapi sampai sekarang nggak tau kenapa belum diperbaiki. Apa harus menunggu jatuh korban dulu," tutur warga lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Walikota Binjai, H Rizky Yunanda Sitepu, saat dikonfirmasi mengaku segera berkoordinasi dengan Kepala Dinas PUPR Kota Binjai. 

"Terima kasih sudah diberi informasinya ya bang. Ini baru informasi yang paten. Segera saya akan berkoordinasi dengan Kadis PUPR," ujarnya.

Tidak berselang lama, Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP didampingi Wakil Wali Kota, H Rizky Yunanda Sitepu dan Sekdako, H Irwansyah Nasution SSos. meninjau pondasi Titi Gantung tersebut. Pada kesempatan itu, Amir Hamzah menginstruksikan pihak Dinas PU untuk segera berkoordinasi dengan PU Sumut dalam upaya mengantisipasi kemungkinan buruk yang bakal terjadi. 

Ia juga meminta pihak Dinas Perhubungan Kota Binjai melarang truk bertonase berat melintasi akses penghubung antara Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto Binjai tersebut. Bewe

Komentar

Berita Terkini