|

Dinas TPH Sumut Bagikan Buah ke Nakes

Kasi Perbenihan dan Penanganan Mutu Hortikultura, Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Muhammad Adly Putra SP MSi, menyerahkan bantuan produk hortikultura kepada Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUPHAM Medan,  Drs Jintan Ginting Apt MKes, di lobi rumah sakit tersebut, Selasa (31/08/2021). Foto Ist

Medan- Pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut menyerahkan bantuan produk hortikultura, berupa buah-buahan dan rempah-rempah, kepada para tenaga kesehatan (nakes) di RSUP H Adam Malik (RSUPHAM) Medan dan RS Haji Medan, Selasa (31/08/2021).

"Bantuan ini sebagai bagian dalam memperingati kegiatan Gelar Buah Nusantara," papar Kepala Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu Hortikultura, Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Muhammad Adly Putra SP MSi, di ruang kerjanya, Kamis (02/09/2021).

Dalam kegiatan bakti sosial ini, pihaknya membeli beragam buah dari para petani untuk dibagikan kepada nakes di dua rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. 

"Tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam penanganan kesehatan di masa pandemi Covid-19, sehingga mereka membutuhkan asupan vitamin, melalui buah-buahan, untuk meningkatkan daya tahan tubuh," tuturnya.

Ia menjelaskan, bantuan produk hortikultura yang diberikan untuk setiap rumah sakit tersebut terdiri atas 60 sisir pisang barangan, 60 kg jeruk, 50 kg salak, 50 kg duku, 50 kg buah naga, 50 buah nenas, 100 kg pepaya, 50 kg rambutan, 50 kg jeruk leomn, 50 kg sereh dan 50 kg jahe merah.

Adly menambahkan, Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUPHAM Medan, Drs Jintan Ginting Apt MKes, menerima langsung bantuan produk hortikultura tersebut. Sementara, di RS Haji Medan, bantuan diterima Perwakilan Satgas Covid-19 RS Haji Medan, Boy Shandy, didampingi Kasub Bagian Tata Usaha RS Haji Medan, Anshari.

Secara terpisah, Plt Kadis TPH Sumut, Ir Bahruddin Siregar MM, membenarkan bantuan produk hortikultura untuk para nakes.

"Ini salah satu bentuk apresiasi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara terhadap tenaga kesehatan yang tanpa lelah berjuang di masa pandemi Covid-19," sebutnya melalui sambungan telepon.

Perwakilan RS Haji Medan foto bersama usai menerima bantuan produk hortikultura dari pihak Dinas TPH Sumut, Selasa (31/08/2021). Foto Ist 

Selain apresiasi kepada nakes, pihaknya juga membantu petani produk hortikultura, melalui pembelian buah-buahan dan rempah-rempah yang diberikan kepada para nakes.

"Sebelumnya, kita beberapa kali membantu para petani yang mengeluhkan rendahnya harga jual produknya saat panen, salah satunya cabai merah, dengan membelinya tinggi, demi peningkatan kesejahteraan keluarga mereka," ujarnya.   

Bahruddin Siregar mengklaim, jajaran Dinas TPH Sumut juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam beraktivitas sehari-hari. Tujuannya agar pandemi Covid-19 bisa segera berlalu dan masyarakat kembali bisa beraktivitas seperti biasa. Fey

Komentar

Berita Terkini