|

Dinas P3AM Binjai Sosialisasikan PUG

Asisten Administrasi Umum Setdako Binjai, Drs Meidy Yusri, membuka kegiatan PUG di Aula Pemko Binjai, Selasa (28/09/2021). Foto Ist

Binjai- Pihak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Masyarakat (P3AM) Kota Binjai menggelar sosialisasi da koordinasi Pelaksanaan Pengarus Utamaan Gender (PUG) bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kota Binjai di Aula Pemko Binjai, Selasa (28/09/2021).

"Kesetaraan dan keadilan gender menjadi salah satu tonggak pembangunan serta memperkuat negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan dan pemerintah secara efektif," ungkap Asisten Administrasi Umum Setdako Binjai, Drs Meidy Yusri, yang mewakili Wali Kota, membuka kegiatan sosialisasi.

Ia menjelaskan, PUG merupakan strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam aspek kehidupan manusia melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan serta permasalahan perempuan dan laki-laki.

"Dalam proses perencanaan dan perumusan kebijakan sangat diperlukan Pengarus Utamaan Gender, hal ini dimaksudkan agar kepentingan perempuan dan laki-laki dapat tertampung sehingga keduanya dapat menikmati hasil pembangunan secara berimbang," paparnya. 

Dalam PUG, kata Meidy, dipastikan setiap orang haknya terpenuhi, baik itu laki-laki, perempuan, anak, penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya dengan mengintegrasikannya dalam perencanaan program pembangunan yang akan dibuat.

"Saya berharap dengan diadakannya sosialisasi ini, pemerintah kota khususnya Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Masyarakat dapat membantu dalam menyukseskan pengintegrasian gender dalam program pembangunan," sebutnya. Ian

Komentar

Berita Terkini