|

Pemprovsu Gelar Vaksin Massal di Medan Johor

Gubsu Edy Rahmayadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Yayasan Almanar, kawasan Jalan Karya Bakti Kecamatan Medan Johor, Rabu (18/08/2021). Foto Ist

Medan- Pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal di areal Yayasan Almanar, kawasan Jalan Karya Bakti Kecamatan Medan Johor, Rabu (18/08/2021).

Menurut Gubsu Edy Rahmayadi, Kecamatan Medan Johor termasuk dalam kategori 'Zona Merah' penyebaran Covid-19 di Kota Medan. Data pihak Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, lanjutnya, dari sampel 10 orang yang dilakukan tracing Polymerase Chain Reaction (PCR), sebanyak tujuh diantaranya terkonfirmasi positif. 

"Untuk mempercepat target Herd Immunity (Kekebalan Kelompok, red), Medan Johor menjadi prioritas vaksinasi massal," tegasnya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal. 

Ia mengklaim, pelaksanaan vaksinasi massal tersebut sebagai salah satu respons dari pihak Pemprovsu untuk membantu Kota Medan dalam mempercepat vaksinasi, khususnya di kecamatan Medan Johor yang berzona merah. Dikemukakannya, sebanyak 1.500 dosis vaksin disiapkan untuk tahap pertama.

"Target pemerintah pusat, sebesar 70 prsen masyarakat harus sudah vaksin dari jumlah penduduk Sumut sekitar 15 juta orang. Saat ini, masih 1,4 juta penduduk yang sudah divaksin," paparnya. 

Pada kesempatan itu, Gubsu Edy juga mengingatkan masyarakat, vaksin merupakan langkah kedua dalam pencegahan agar tidak terinfeksi virus corona sekaligus memberikan perlindunngan. Namun, yang utama dengan mematuhi protokol kesehatan, diantaranya menggunakan masker dan menjaga jarak saat beraktivitas.

"Langkah pertama adalah protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan menggunakan sabun, dan mengatur jarak. Itu langkah pertama untuk mengatasi Covid-19 ini. Jika itu sudah dilaksanakan semua, Insya Allah, pandemi ini dapat kita kendalikan," sebutnya. 

Sementara, Camat Medan Johor, Zul Fahri Ahmadi, mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi massal tersebut. Pihaknya berharap, kegiatan vaksinasi massal mampu mempercepat penanganan Covid-19. Apalagi, penerapan PPKM Level 4 dengan melakukan penyekatan untuk menghentikan mobilitas masyarakat juga memperlihatkan hasil positif dengan menurunya jumlah warga terpapar. 

"Kemarin itu tertinggi di angka 80 orang satu hari. Saat ini sudah mulai menurun secara perlahan menjadi 40 orang per hari, hingga terakhir diangka 20 orang," ujarnya. 

Tampak, sejumlah personil dari BPBD Sumut mengatur mekanisme proses dari pendaftaran dan ruang pemeriksaan secara tertib, agar kerumunan dan penumpukan tidak terjadi. Hadir pada kesempatan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mhd Fitriyus, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut sekaligus Jubir Satgas Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut, Irman Oemar. Fey

Komentar

Berita Terkini