|

Binjai Penyelenggara Program Sekolah Penggerak

Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, menerima sertifikat Penyelenggara Program Sekolah Penggerak dari Kepala LPMP Sumut, Afrizal Sihotang, di Balai Kota Binjai, Selasa (31/08/2021). Foto Ist

Binjai- Kota Binjai terpilih sebagai penyelenggara Program Sekolah Penggerak dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Demikian dikemukakan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Utara (Sumut), Afrizal Sihotang ST MSi, saat berkunjung ke Balai Kota Jalan Sudirman No 6 Binjai, Selasa (31/08/2021).

"Hanya 10 kabupaten/kota di Sumatera Utara yang terpilih sebagai penyelenggara Program Sekolah Bergerak, salah satunya Kota Binjai," papar Afrizal dihadapan Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP.

Dijelaskannya, pelaksanaan program akan diawali penandatanganan nota kesepakatan antara pihak Kemendikbudristek dan pemerintah daerah terpilih. Selanjutnya, kata Afrizal, dilakukan seleksi calon kepala sekolah penggerak yang dilaksanakan secara terbuka.

"Setelah terpilih kepala sekolah, maka sekolah itu akan mendapatkan pendampingan langsung dari beberapa direktorat di Kemendikbudristek RI," paparnya yang saat itu didampingi Kepala BP PAUD Diknas Sumut, Dra Suriatanti Supriyadi MSi. 

Afrizal menambahkan, kepala sekolah tidak bisa dirotasi minimal tiga tahun. Hal itu dimaksudkan agar program bisa selesai sesuai yang diharapkan. 

“Untuk itu mohon dukungan pak Wali untuk Program Sekolah Penggerak di Binjai,” ujarnya.

Wali Kota Binjai, Amir Hamzah, menyambut positif program tersebut. Apalagi, salah satu visi dan misinya, memajukan pendidikan di Kota Binjai.

"Saya sangat mendukung seleksi kepala sekolah secara terbuka. Mana guru guru yang berpotensi, mereka itu  patut diangkat menjadi kepala sekolah. Uang,  deking, tidak perlu, saya tidak mau itu,“ tegas Amir Hamzah yang didampingi Kadis Pendidikan, Sri Ulina Ginting. 

Diakuinya, konsep seleksi kepala sekolah pernah dilontarkannya saat bertugas di Dinas Pendidikan, belasan tahun silam. Saat menjabat sebagai Wali Kota, dirinya yakin hal itu bisa diwujudkan. 

“Saya ingin memajukan pendidikan di Kota Binjai ini, dimulai dari pengangkatan kepala sekolah yang berkualitas," tandasnya. Ian

Komentar

Berita Terkini