|

Tracer Bintara Remaja Siap Cegah Covid-19

Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, mengetes kemampuan seorang anggota Tim Tracer Bintara Remaja yang disiapkan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di wilayah ini, beberapa waktu lalu. Foto Ist

Medan- Terobosan baru dilakukan Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Tak tanggung, Tim Tracer Bintara Remaja dibentuk untuk merespon cepat penanggulangan penyebaran Covid-19.

"Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Polda Sumut bersama-sama dengan instansi lainnya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19," tegas Dirbinmas Polda Sumut, Kombes Pol Sofyan, Kamis (29/07/2021).

Ia menjelaskan, pelatihan tracer dengan metode door to door system dan problem solving berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dan Tim Kedokteran Kesehatan Polda Sumut. Nantinya, kata Kombes Sofyan, para tracer akan melakukan wawancara melalui telepon kepada masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19.

"Para tracer nanti akan menggali keterangan seputar siapa saja orang-orang yang sudah melakukan kontak erat dengan suspect sebelumnya," sebutnya.

Setelah mendapatkan informasi, pihak tracer dan tenaga kesehatan segera mendatangi masyarakat yang terlibat kontak langsung dengan suspect pertama untuk dilakukan pemeriksaan medis. Jika hasilnya positif, dianjurkan untuk melakukan treatment isolasi mandiri atau perawatan ke rumah sakit terdekat.

"Kita akan melakukan evaluasi kepada tracer mengenai pelaksanaan program 3T dalam penanggulangan Covid-19 di wilayah hukum Polda Sumut," pungkasnya. Coki


Komentar

Berita Terkini