|

PTPN 2 Salurkan Dana PKBL

Perwakilan kabupaten/kota di Sumatera Utara menerima secara simbolis dana PKBL Semester I tahun 2021 yang diserahkan pihak PTPN 2 di Puri Triadiguna Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (29/06/2021). Foto Ist 

Tanjungmorawa- Pihak PTPN2 menyalurkan dana pinjaman bergulir Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Semester I Tahun 2021 kepada pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Puri Triadiguna, PTPN 2 Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (29/06/2021).

Kabag Sekretariat PTPN 2, Diwan Syahdu, melalui Kasubbag Humas, Sutan BS Panjaitan SE, didampingi Staf PKBL, Elvina Suci Kartika, menjelaskan, dana bergulir yang disalurkan senilai Rp1,6 miliar untuk 62 mitra binaan dari berbagai kabupaten/kota di Sumut.  

"Penyalurannya melalui tahap evaluasi dan seleksi karena sebelumnya calon mitra binaan sudah mengajukan proposal ke PTPN 2," paparnya. 

Ia merinci para mitra binaan yang mendapatkan dana bergulir Semester I tahun 2021, masing-masing Kabupaten Deliserdang (9 orang), Serdangbedagai (30 orang), Langkat (19 orang), Kota Medan (3 orang) dan Kota Binjai (1 orang).

Sementara, Direktur PTPN 2, Irwan Perangin-angin dalam sambutannya yang diwakili SEVP Business Support, Syahriadi Siregar, mengklaim, saat ini PTPN2 membantu mitra binaan guna meningkatkan usaha-usaha mikro (keluarga) di sekitar lingkungan kerja PTPN 2. Diharapkan, dana yang diberikan secara bergulir ini dapat memberi manfaat dan digunakan secara benar dan baik serta memberikan kontribusi secara positif. 

"Gunakan pendanaan semaksimal mungkin sesuai harapan dan diharapkan pengembaliannya lancar agar dapat digunakan pelaku usaha lainnya," ujar Syahriadi.

Pihak PTPN 2 akan memantau secara periodik ke mitra-mitra usaha. Sebaliknya, para mitra usaha diharapkan membantu PTPN 2 memberikan pencerahan kepada masyarakat untuk membantu menjaga aset PTPN 2, sehingga mampu bangkit dan jaya kembali. 

"Dana pinjaman ini harus dikembangkan demi pertumbuhan ekonomi," imbaunya. 

Mewakili mitra binaan, Suriono, sangat berterima-kasih kepada PTPN2 yang memberikan bantuan dana untuk mengembangkan usaha, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. 

"Dengan adanya dana PKBL ini, PTPN 2 telah memberikan perhatian kepada pelaku usaha kecil dan menengah, sehingga program pemerintah dalam rangka pencapaian pemberdayaan ekonomi kerakyatan, pengentasan kemiskinan akan dapat terwujud di masa pandemi Covid-19," sebutnya.

Pada kesempatan itu, dana PKBL diserahkan secara simbolis kepada Sukirman, perwakilan dari Kabupaten Sergai, Liberty (Deliserdang), Suriono (Langkat), Jumasri (Kota Binjai) dan Nuraisyah (Kota Medan). Hendra

Komentar

Berita Terkini