|

Pengurus PKK Siantar Belajar Posyandu ke Binjai

Ketua TP PKK Siantar, Syahoutri Hefriansyah br Hutabarat menyerahkan plakat kepada Ketua TP PKK Binjai, Hj Nurhayati Amir Hamzah di Aula Pemko Binjai, Selasa (25/05/2021). Foto Ist

Binjai- Ketua TP-PKK Kota Pematangsiantar, Syahputri Hefriansyah br Hutabarat dan rombongan melakukan study banding ke Kota Binjai, Senin (25/05/2021).

Menurutnya, kunjungan tersebut untuk menjalin silaturahim sekaligus belajar dan menggali informasi seputar posyandu di kelurahan agar lebih baik lagi. Hal ini mengingat, pihaknya telah ditunjuk secara lisan untuk mewakili Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam lomba Posyandu tingkat nasional.

"Kami kemari ingin melihat bagaimana cara dan kiat-kiatnya agar dapat diterapkan karena PKK Kota Binjai pernah meraih Pakarti Utama Dua dalam lomba Posyandu tingkat nasional pada tahun 2019," papar Syahputri di Aula Pemko Binjai.

Ketua TP PKK Binjai, Hj Nurhayati Amir Hamzah, didampingi Pj Sekdako, H Irwansyah Nasution dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait menyambut positif kehadiran rombongan. Ia menyatakan, Posyandu merupakan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat di bawah bimbingan kelompok kerja operasional (pokjanal) dengan sasaran utama bayi, balita, ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui, pasangan usia subur, remaja dan lansia. 

Salah satu prioritas kegiatan posyandu saat ini, lanjutnya, menyebarluaskan informasi terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan di era new normal serta pemenuhan nutrisi seimbang pada 1.000 hari pertama kehidupan yang merupakan periode emas pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Ia mengingatkan, kegagalan pemenuhan asupan gizi sejak bayi dalam kandungan hingga usia 2 tahun bisa mempengaruhi kecerdasan dan kesehatan anak di masa berikutnya, salah satunya adalah masalah stunting.

"Semoga pertemuan kita kali ini menghasilkan hal-hal yang sangat positif dalam rangka kemajuan keluarga serta masyarakat Kota Binjai dan Kota Pematangsiantar sekaligus semakin memperkuat hubungan kerjasama TP PKK Kota Binjai dan Kota Pematangsiantar," harapnya.

Sementara, Pj Sekdako Binjai, H Irwansyah Nasution meminta kepada semua pihak agar dapat saling sharing informasi serta memfasilitasi segala sesuatu yang diperlukan rombongan TP PKK kota Pematangsiantar terkait pelaksanaan posyandu.

Usai dari Aula Pemko Binjai, rombongan TP PKK Kota Binjai dan Kota Siantar meninjau pelaksanaan posyandu di Posyandu Delima IV Kelurahan Berngam. Ian


Komentar

Berita Terkini