|

Diskop UKM Sumut Gelar Pelatihan Manajemen Koperasi

Kadiskop dan UKM Sumut, Ir Suherman MSi, foto bersama dengan sejumlah peserta pelatihan manajemen perkoperasian di UPT Pelatihan dan UKM Diskop dan UKM Sumut, kawasan Jalan Gatot Subroto Km 8,5 Pasar V Gang Koperasi Kelurahan Lalang Kecamatan Medan Sunggal, Senin (05/04/2021). Foto Fey 

Medan- Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Provinsi Sumatera Utara, Ir Suherman MSi, menegaskan, manajemen koperasi dibutuhkan setiap pengelola untuk membantu seluruh anggota dalam mencapai tujuannya.

"Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terhadap keberadaan koperasi yang tumbuh dan berkembang," paparnya saat membuka kegiatan Pelatihan Manajemen Perkoperasian bagi Gerakan Koperasi Angkatan I dan II di Aula UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Sumut, kawasan Jalan Gatot Subroto Km 8,5 Pasar V Gang Koperasi Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal, Senin (05/04/2021). 

Ia menyatakan, pelatihan ini akan menambah wawasan dan pengetahuan para peserta tentang manajemen usaha koperasi dalam upaya meningkatkan daya saing sumber daya alam sekaligus menciptakan koperasi yang mandiri dan tangguh. Dikemukakannya, fungsi utama manajemen koperasi yaitu mengupayakan kepemimpinan koperasi bagi anggota dan pengurus terpilih dalam pengembangan kebijakan dan strategi pemberdayaan koperasi dalam mewujudkan tujuannya. Melalui pelatihan ini, kata Suherman, para pengelola diharapkan mampu membuat koperasi tumbuh dan berkembang secara sehat sesuai jati dirinya sebagai wadah kepentingan masyarakat untuk memperoleh efisiensi kolektif, sehingga citra koperasi semakin baik dengan peningkatan kualitas. 

"Saya berharap, para peserta bisa menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti pelatihan di tempatnya masing-masing, sehingga akan lahir koperasi yang mandiri dan tangguh," ujarnya.

Kadiskop dan UKM Sumut, Ir Suherman MSi, berdialog dengan seorang peserta pelatihan, saat meninjau fasilitas kamar penginapan UPT Pelatihan Koperasi dan UKM di kawasan Jaan Gatot Subroto Km 8,5 Pasar V Gang Koperasi Kelurahan Lalang Kecamatan Medan Sunggal, Senin (05/04/2021). Foto Fey

Sebelumnya, Kepala UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Diskop dan UKM Sumut, Mara Ongku Siregar, melaporkan, kegiatan pelatihan yang berlangsung 4-10 April 2021 ini diikuti 70 peserta dari 16 kabupaten/kota di Provinsi Sumut. Dirincikannya, untuk Pelatihan Angkatan I diikuti peserta dari Provinsi Sumut (6), Medan (5), Binjai (3), Deliserdang (3), Langkat (3), Serdangbedagai (1), Tebingtinggi (1), Karo (1), Asahan (2), Batubara (1), Tanjungbalai (1), Siantar (1), Simalungun (1), Labuhanbatu Selatan (1), Labuhanbatu Utara (1), Labuhanbatu (1), Tapanuli Selatan (1), Toba (1) dan Gunungsitooli (1). Sementara, untuk Pelatihan Angkatan II, diikuti peserta dari Provinsi Sumut (6), Medan (5), Binjai (4), Deliserdang (3), Langkat (2), Serdangbedagai (2), Tebingtinggi (1), Karo (1), Pakpak Bharat (1), Asahan (1), Batubara(1), Tanjungbalai (2), Simalungun (1), Labuhanbatu Utara (1), Padang Lawas Utara (1), Tapanuli Utara (1), Dairi (1), dan Nias (1).    

"Metode pengajaran yang kita terapkan dalam pelatihan ini dengan memadukan ceramah dan tanya-jawab serta praktik di bawah bimbingan tenaga pengajar dari Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Utara dan Widyaswara serta fasilitator," tuturnya. Fey

Komentar

Berita Terkini