|

Sekdakab Dairi Buka MTQ di Sidikalang

Sekdakab Dairi, Drs Leonardus Sihotang, membuka MTQ ke-46  di Balai Budaya Sidikalang, Selasa (23/03/2021). Foto Ist

Sidikalang- Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dairi, Drs Leonardus Sihotang, membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-46 tingkat Kabupaten Dairi di Balai Budaya Sidikalang, Selasa (23/03/2021).

Menurutnya, MTQ merupakan kegiatan yang telah menjadi tradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa Indonesia. Ia menilai, pelaksanaan MTQ memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat. Selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, kata Leonardus Sihotang, MTQ secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong dalam memacu percepatan pembanguan di daerah.

“Kita berharap pelaksanaan MTQ ini mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana yang memberi kesejukan batin bagi masyarakat, terkhusus di masa pandemi Covid-19," paparnya. 

Pihaknya juga berharap, kegiatan MTQ ini menjadi forum silaturahmi yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan lintas etnis dan agama sesama warga masyarakat Dairi. Sementara, Ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani SSos, mengklaim, pelaksanaan MTQ mampu memberikan kesejukan dan kedamaian bagi seluruh umat, sehingga secara bersama-sama dapat mengisi pembangunan. 

"Dairi merupakan kabupaten yang harus terus berbenah dalam mengisi pembangunan," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Kamidun Solin SPdI dalam laporannya menyebutkan, kegiatan MTQ diikuti 346 peserta dengan sembilan cabang yang akan diperlombakan, yaitu Tilawah Anak putra/putri (29 orang), Tilawah Remaja putra/putri (30 orang), Tilawah Dewasa putra/putri (29 orang), Tartil putra/putri (30 orang), Tahfizh Qur’an juz putra/putri (17 orang), Syarhil Qur’an 28 regu putra/putri (84 orang), Fahmil Qur’an 21 regu putra/putri (63 orang) dan Khottil Qur’an nasakh, musshaf dan demokrasi putra/putri (50 orang).

“Seluruh para peserta merupakan utusan dari Kecamatan se- Kabupaten Dairi dan utusan dari PT STAIS AD Sidikalang serta utusan dari sekolah Madrasah," sebutnya lantas menambahkan, pelaksanaan MTQ berlangsung selama tiga hari, yakni 23-25 Maret 2021.

Ia menambahkan, pelrombaan cabang Tilawah berlangsung di mimbarutama MTQ Desa Bintang, Cabang Tartil di Masjid Jami' Desa Bintang, Cabang Tahfizh di Musholla SAakinah Desa Bintang, Cabang Fahmil Qur'an di MAN 1 Sidikalang dan Cabang MMIQ di STAIS AD Sidikalang. Nantinya, penutupan MTQ digelar di Mimbar Utama MTQ, Desa Bintang.

"Pembukaan dan penutupan pelaksanaan MTQ ke 46 ini dilakukan secara virtual dan dihadiri undangan yang sengaja dibatasi," ujarnya. 

Tampak hadir pada pembukaan tersebut, Dandim 0206/Dairi, Letkol (Arm) Adietya Nurtono, Kapolres Dairi, AKBP Ferio Sano Ginting SIK, Kajari Dairi, Syahrul Juakhsa Subuki, Ketua MUI Dairi, Wahlin Munthe, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi, Saidup Kudadiri, pimpinan OPD Kabupaten Dairi dan Camat se-Kabupaten Dairi. Han


Komentar

Berita Terkini