|

Petani Butuh PPL

Bupati Franch Bernhard Tumanggor berdialog dengan seorang petani jagung yang mengeluhkan keberadaan PPL di wilayah itu, Jumat (12/03/2021). Foto Ist

Salak- Bupati Pakpak Bharat, Franch Bernhard Tumanggor, akan memerintahkan para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar rutin melakukan pendampingan kepada petani. Hal itu dikemukakannya saat berdialog dengan para petani dalam road show dengan mengendarai Vespa ke sejumlah desa, Jumat (12/03/2021) pagi).

"Petani membutuhkan PPL yang bertugas melakukan pendampingan kepada para petani di wilayah binaannya, sekaligus merupakan garda terdepan dalam menyukseskan program pembangunan pertanian," papar Bupati Franch yang saat itu didampingi Sekdakab, Sahat Banurea dan Kabag Pemerintahan, Robincem Habeahan.

Pihaknya berharap, PPL mampu mentransferkan informasi teknologi kepada para petani binaannya, termasuk pembinaan kepada anggota kelompok tani agar lebih baik lagi di masa mendatang. Berdasarkan pengamatan, Bupati dan rombongan mengunjungi sejumlah desa, diantaranya Desa Binanga Boang dan Desa Aornakan. 

Saat berada di Desa Binanga Boang, Bupati menghampiri petani jagung di areal perladangannya. Ia langsung duduk diterpal dan membantu petani memipil jagung sembari melakukan dialog terkait kondisi dan kendala yang dihadapi oleh para petani.

"Sudah beberapa tahun terakhir, kami tidak pernah lagi mendapatkan bimbingan dari PPL. Saya juga kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi," keluh seorang petani jagung, R Beru Tindaon, kepada Bupati Franch.

Sontak, ia memanggil Sekretaris Desa Binanga Boang, Sargius Bancin. 

“Saya meminta agar aparatur pemerintahan di desa berkordinasi dengan unsur terkait serta rutin turun ke lapangan menemui warga untuk menjemput keluhan warga, mulai masalah pertanian, kesehatan warga seperti masalah stunting dan hal-hal lain menyangkut kepentingan warga,” perintahnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Franch berharap agar warga lebih giat dan kreatif bertani, salah satunya dengan menerapkan pertanian dengan sistem tumpang sari serta memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Han

Komentar

Berita Terkini