|

Atasi Banjir, Pemko Medan Dukung Normalisasi Sungai

Wali Kota Medan, Bobby Nasution memimpin rapat pelaksanaan pekerjaan pengendalian daya rusak Sungai Deli di Kantor Wali Kota, Senin (15/03/2021). Foto Ist

Medan- Pihak Pemko Medan siap berkolaborasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II dalam mengatasi permasalahan banjir di kota Medan.

"Kami dari Pemko Medan siap untuk membantu BWS Sumatera II dalam merealisasikan program yang telah disiapkan termasuk juga mengatasi permasalahan sosial yang timbul akibat pengerjaan program ini seperti pembebasan lahan apabila dibutuhkan," papar Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution saat memimpin rapat koordinasi membahas pelaksanaan pekerjaan pengendalian daya rusak Sungai Deli oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II di Kantor Wali Kota Medan, Senin (15/03/2021).

Ia mengemukakan, program normalisasi sungai yang digagas pihak BWS Sumatera Utara II menjadi salah satu alternatif mereduksi banjir di Kota Medan.

"Kita siap berkolaborasi agar program normalisasi sungai bisa terealisasi," tukasnya.

Sebelumnya, Kepala BWS Sumatera II, Maman Noprayamin, memetakan sungai yang berpotensi mengakibatkan banjir di Kota Medan diantaranya Sungai Percut, Sungai Kera, Sungai Deli, Sungai Sikambing, Sungai Putih, Sungai Babura, Sungai Bekala, Sungai Bedera, dan Sungai Belawan. Menurutnya, luapan banjir disebabkan pertumbuhan penduduk yang mengakibatkan resapan air semakin berkurang, sehingga seluruh air masuk ke sungai dan mengakibatkan debit air semakin meningkat. 

Selain itu, kata Maman, alur drainase yang mengalirkan debit air semakin mengecil akibat menjamurnya permukiman warga serta kurangnya kesadaran masyarakat yang masih membuang sampah ke sungai. Guna mengatasi persoalan banjir tersebut, pihaknya telah memiliki program rencana penanganan banjir di Kota Medan, diantaranya meningkatkan kapasitas Sungai Belawan mulai dari muara sampai pertemuan Sungai Bras sepanjang 37,5 kilometer dan anak sungainya. 

Selanjutnya peningkatan kapasitas Sungai Badera mulai dari pintu tol Helvetia sampai jalan Gatot Subroto (Kodam) sepanjang 3.5 Km, peningkatan kembali kapasitas Sungai Putih, peningkatan kembali kapasitas Sungai Sikambing, dan peningkatan kapasitas Sungai Deli Hulu mulai dari pertemuan Sungai Babura sampai Titi Kuning sepanjang 7.5 Km. Van


Komentar

Berita Terkini