|

Tuan MH Manullang Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Tuan MH Manullang diusulkan pihak LPPM Unimed menjadi Pahlawan Nasional pada tahun 2021, setelah tahun 1967 dianugerahi Pahlawan Perintis Kemerdekaan. Foto Ist

Medan- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Humaniora, LPPM Universitas Negeri Medan (Unimed) mengusulkan Tuan MH Manullang sebagai Pahlawan Nasional dari Sumatera Utara pada tahun 2021.

Kepala LPPM Unimed, Prof Dr Baharuddin ST MPd, didampingi Koordinator Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Humaniora Unimed, Dr Phil Ichwan Azhari MS dalam keterangan tertulis, Rabu 24/022021) menyatakan, Tuan MH Manullang sebelumnya sudah dianugerahi Pahlawan Perintis Kemerdakaan pada tahun 1967. 

"Atas jasa-jasanya menentang kolonialisme, khususnya di tanah Batak, Tuan MH Manullang telah dianugerahi gelar Pahlawan Perintis Kemerdekaan pada tahun 1967," tutur Sejarawan Unimed ini. 

Dikemukakannya, Tuan MH Manullang lahir di Tarutung pada 20 Desember 1887 dan meninggal di Jakarta pada 20 April 1979. Ia berjuang secara konsisten sejak tahun 1906 menentang kolonialisme di Tanah Batak, maupun lewat media yang didirikannya yaitu Sinondang Baru dan Soara Batak. Tidak hanya itu, beliau juga berjuang lewat organisasi HKB tahun 1917.

“Mohon kepada kita semua mendukung kegiatan ini, dan kita akan adakan seminar daring sebanyak dua kali, yaitu 27 Februari dan 13 Maret 2021 yang dimulai pukuil 10.00 WIB sampai 12.00 WIB. Alamat link menyusul,” tegas Ichwan.

Ia menjelaskan, seminar I bertajuk 'Perlawanan Tuan MH Manullang Menentang Ekspansi Agraria Belanda Ke Tanah Batak' pada 27 Februari 2021, akan menghadirkan narasumber, diantaranya, Dr Edy Ikhsan SH MA (Ahli Sejarah Agraria Fakultas Hukum USU), Dr Dimpos Manalu (Akademisi dan Aktifis Agraria UHN Nommensen), Dr Wannofri Samry MHum (Sejarawan Pers Universitas Andalas Padang) dan Prof Dr Hermawan Sulistyo (Peneliti LIPI Jakarta). 

Sementara, kata Ichwan, Seminar II bertema 'Tuan MH Manullang dari Pahlawan Perintis Kemerdekaan Menuju Pahlawan Nasional',  menghadirkan sejumlah narasumber, yakni  Prof Dr Asvi Warman Adam (sejarawan LIPI), Prof Dr Dorodjatun Kuntjoro Jakti (Sejarawan Ekonomi Jakarta, Direktur Kepahlawanan, Keperintisan dan Restorasi Sosial Kementerian Sosial RI Jakarta) dan Drs Rosmaida Sinaga MHum (Sejarawan Unimed).

Dihubungi secara terpisah, Ketua Parsadaan Toga Manullang (Partogam) Kota Medan, Dr Sanco Simanullang ST MT IPM ASEAN Eng, menyambut baik usulan tersebut, sekaligus berterimakasih atas prakarsa civitas akademika Unimed dan seluruh pihak yang terlibat dalam memperjuangkan Tuan MH Manullang menjadi Pahlawan Nasional.

“Atas nama Partogam, Persatuan Manullang Kota Medan mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas prakarsa Unimed. Terlebih peran dan kepedulian Bapak Ichwan Azhari yang telah memperjuangkan aspirasi ini hingga ke pusat. Doa kami semoga harapan kita terwujud,” sebutnya. Coki


Komentar

Berita Terkini