|

Plh Bupati Buka Festival Nasyid Asahan

Plh Bupati Asahan, John Hardi Nasution, membuka Festival Nasyid Asahan tahun 2021 di Gedung Tahfiz Masjid Agung HH Ahmad Bakrie Kisaran, Rabu (24/02/2021). Foto DP

Kisaran- Plh Bupati Asahan, John Hardi Nasution, membuka Festival Nasyid Asahan 2021 di Gedung Tahfiz Masjid Agung H Ahmad Bakrie Kisaran, Rabu (24/02/2021). 

Dalam sambutannya, John Hardi menyatakan, Festival Nasyid Asahan merupakan sarana evaluasi dan bukan tujuan akhir. Tujuan yang lebih penting yang sebenarnya ingin dicapai melalui pelaksanaan festival nasyid yaitu peningkatan minat generasi muda dalam melestarikan budaya dan kesenian Islam. Selain itu, lanjutnya, memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya seni nasyid dalam upaya membangun mental spritual masyarakat.

"Kami berkeyakinan, dewan juri telah memiliki pengetahuan yang mapan pada bidangnya, sehingga tidak akan bisa diintervensi oleh siapapun dan pihak manapun dalam melakukan penilaiannya," papar John Hardi.

Ia mengemukakan, grup nasyid terbaik tidak mutlak menjadi duta Kabupaten Asahan ke tingkat Provinsi Sumatera Utara. Hal ini mengingat, akan ada pemusatan latihan untuk mendapatkan grup nasyid terbaik sebagai wakil dari Kabupaten Asahan.

"Kepada seluruh peserta, saya berharap untuk tampil dengan bakat dan kemampuan terbaiknya. Tunjukkan hasil latihan selama ini dan manfaatkan kesempatan untuk saling mengenal serta menjalin hubungan dengan sesama peserta yang memiliki minat dan bakat yang sama," imbau John Hardi.

Sebelumnya, Sekretaris Panitia, Ali MUqhofar, melaporkan Festival Nasyid Asahan merupakan bagian dari program secara nasional yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional. Dasar pelaksanaannya, SK Bupati Asahan No: 22-BAG-KESRA-TAHUN 2021 tanggal 10 Februari 2021 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara, Dewan Pengawas dan Dewan Juri Festival Nasyid tingkat Kabupaten Asahan tahun 2021.

"Festival yang berlangsung mulai tanggal 24 sampai 27 Februari 2021 itu diikuti 48 grup dari 25 kecamatan se-Kabupaten Asahan, terdiri atas 23 grup putra dan 25 grup putri. Kecamatan Bandar Pulau dan Silau Laut tidak mengirimkan grup nasyid putra," sebutnya.

Sekadar informasi, sebelum membuka Festival Nasyid Asahan, Plh Bupati terlebih dahulu melantik dewan juri Festival Seni Nasyid tingkat Kabupaten Asahan tahun 2021. Ada pun Ketua dewan juri yakni Hj Rita Nurai Nasution dan Sekretaris Damanhuri Lubis. DP


Komentar

Berita Terkini