|

Gubsu Resmikan SMKN 1 Pematang Jaya

Gubsu dan rombongan berbincang dengan pengelola SMKN 1 Pematang Jaya, usai meresmikan sekolah berbasis pertanian, perkebunan dan peternakan itu, Kamis (28/01/2021). Foto Ist

Stabat- Gubsu Edy Rahmayadi meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pematang Jaya Desa Limau Mungkur Kecamatan Pematang Jaya, Kabupaten Langkat, Kamis (28/01/2021).

"Ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemprov Sumatera Utara dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di daerah ini," tegasnya yang saat itu didampingi Ketua TP-PKK Sumut, Hj Nawal Lubis dan Kadis Kominfo Sumut, Irman Oemar.

Ia berharap, SMKN 1 Pematang Jaya mampu melahirkan sumber daya manusia potensial, khususnya di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan, dalam membangun daerah. Disebutkannya, daerah sulit maju jika tidak didukung sumber daya manusia andal yang lahir dari institusi pendidikan berkualitas.

"Kita masih mempertimbangkan, SMK Negeri 1 Pematang Jaya ini dibuat SMK Plus di Provinsi Sumatera Utara," tukasnya.

Secara terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Stabat Dinas Pendidikan Sumut, Ichsanul Arifin, mengemukakan, Kabupaten Langkat memiliki delapan SMA dan empat SMK. Khusus SMKN 1 Pematang Jaya, lanjutnya, memiliki dua jurusan, yakni Agrobisnis Tanaman Perkebunan dan Agrobisnis Ruminansia (ternak hewan pedaging, red). 

"Kedua jurusan itu dipilih lantaran sesuai dengan potensi wilayah Langkat, khususnya Pematang Jaya," tuturnya lantas menambahkan, sekolah yang dibangun dari APBD Sumut tahun 2020 itu berdiri di areal seluas dua hektar dengan lima bangunan, yakni ruang kantor pelayanan, ruang kelas, ruang guru, ruang praktek siswa, perpustakaan, toilet dan rumah dinas kepala sekolah.

Direncanakan, penerimaan murid baru tahun ajar 2021-2022 dilakukan pada Juni 2021. Van


Komentar

Berita Terkini