|

34.840 Vial Vaksin Tambahan Tiba di Sumut

Sekda Provsu, Hj R Sabrina didampingi Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit, memeriksa kotak bermuatan vial vaksin Covid-19 tambahan untuk Sumut, sekaligus melengkapi jatah untuk provinsi ini sebanyak 74.840 vial pada termin pertama, di halaman Posko Satgas pennaganan Covid-19 Sumut , kawasan Jalan Sudirman Medan, Jumat (15/01/2021). Foto Ist

Medan- Sekda Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Hj R Sabrina menerima secara resmi tambahan 34.840 vial vaksin Covid-19 dari Pemeirntah Pusat di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Sumut di Jalan Sudirman No 41 Medan, Jumat (15/01/2021). Tambahan tersebut melengkapi jumlah alokasi vaksin untuk Sumut sebanyak 74.840 vial pada termin pertama.

"Vaksin ini untuk tenaga kesehatan di Sumatera Utara yang berjumlah 72 ribu orang dan akan segera didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota," ungkap Sabrina usai menerima puluhan ribu vial vaksin itu.

Pihaknya menargetkan, seluruh vaksin Covid-19 rampung didistribusikan pada awal Februari 2021. 

"Untuk kesiapan penyimpanan vaksin, sudah aman. Jika tidak disiapkan sejak awal, vaksin akan jadi sia-sia," sebutnya.

Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit, yang saat itu mendampingi Sekda Provsu, menjelaskan, vaksin dibawa menggunakan pesawat dari Jakarta dan tiba di Bandara Kualanamu, Deliserdang. Dengan pengawalan ketat dari kepolisian, vaksin dibawa menuju Posko Satgas Penanganan Covid-19 Sumut. 

"Setelah diterima pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, vaksin langsung dibawa menuju gudang Dinas Kesehatan di kawasan Jalan HM Yamin Medan," papar Alwi. 

Selain menyiapkan 'cold storage' (gudang berpendingin, red), pihaknya juga telah melatih 1.500 vaksinator (petugas vaksin, red). Ia mengklaim, jumlah tersebut bakal terus bertambah agar pelaksanaannya sesuai dengan rencana. Apalagi,  kata Alwi, usai vaksinasi perdana pada Kamis (14/01/2021), vaksinasi dilakukan di wilayah Medan, Binjai, Deliserdang (Mebidang) serta berlanjut ke 30 kabupaten/kota di luar Mebidang. Dra


Komentar

Berita Terkini