|

Deklarasi Damai Pilkada Serentak di Binjai

Kapolres Binjai, AKBP Romadhoni Sutardjo SIK menandatangani deklarasai damai pilkada serentak Kota Binjai di Aula Catur Sakti Mapolres Binjai, Jumat (04/12/2020). Foto Ian

Binjai- Kapolres Binjai, AKBP Romadhoni Sutardjo SIK, unsur Forkopimda, tokoh agama dan masyarakat setempat melakukan deklarasi damai pilkada serentak di Aula Catur Sakti Mapolres Binjai, kawasan Jalan Hasanuddin Binjai, Jumat (04/12/2020).

Dalam sambutannya, AKBP Romadhoni mengimbau masyarakat untuk tidak terprovokasi berita hoax di sosial media. Selain itu, diimbau untuk tidak menggunakan atribut partai politik, ormas atau pun OKP di masa tenang atau pun saat pencoblosan pada 9 Desmeber 2020, dalam upaya menjaga kondusifitas Kota Binjai. Satu hal penting lainnya, kata AKBP Romadhoni, tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 untuk menghentikan penyebaran virus tersebut.   

"Data dari pihak Satgas Covid-19 Kota Binjai menyatakan, daerah ini sudah berada di zona hijau. Hal ini berkat kepatuhan dan peranserta masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, sehingga tidak muncul klaster baru penyebaran Covid-19," paparnya dihadapan Dandim 0203/Lkt, Letkol Inf Bachtiar Susanto, Wali Kota Binjai diwakili Asisten II, Ir Dahnial Reza, perwakilan PN dan Kejari Binjai, Ketua Bawaslu, Arie Nurwanto SH MH, Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi ST, Tokoh Muhamadiyah, As Adinata, PD DMI Binjai, Ketua PP Kota Binjai, J Payo Sitepu, Wakil Ketua IPK, M Sazali, Sekjen FKPPI, Erwin S, Ketua PMS Binjai, Jujuren Tarigan, Sekjen HMI Kota Binjai, Fahmi, Tokoh FUI, Syaifullah Sa'aba, Tokoh BKAG, St Drs Edward S, dan Ketua FKUB Binjai, Ustad Ahmad Nasir. 

Dandim 0203/Langkat, Letkol Inf Bachtiar Susanto, menyambut positif imbauan tersebut. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat agar menyukseskan pemilu Kota Binjai secara aman dan damai dalam upaya melahirkan putra/putri terbaik untuk memimpin Kota Binjai periode mendatang. 

Sementara, Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi, mengapresiasi jajaran kepolisian yang berperan-aktif mengamankan tahapan pelaksanaan pilkada serentak di Kota Binjai. Hal senada dikemukakan Ketua Bawaslu, Arie Nurwanto. 

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan penandatanganan deklarasi damai bersama, sehingga Kota Binjai aman dan situasi kamtibmas tetap kondusif," tegasnya.

Dalam deklarasi damai tersebut, terdapat 10 poin kesepakatan, yakni bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, mendukung pelaksanaan TNI-Polri dan penyelenggara pilkada Kota Binjai tahun 2020, menyikapi permasalahan pilkada Kota Binjai tahun 2020 sesuai mekanisme dan ketentuan yang diatur dengan UU, menyampaikan aspirasi dan pendapat sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku, kepastian penetapan pilkada Kota Binjai tahun 2020 merujuk kepada keputusan penyelenggara pilkada Kota Binjai tahun 2020, mematuhi dan menaati peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, menghormati norma-norma yang berlaku, menjaga persatuan dan kesatuan, mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan covid-19, serta tidak menggunakan atribut OKP dari mulai masa tenang sampai pencoblosan. Ian


Komentar

Berita Terkini