|

Sungai Krueng Langsa Meluap

Salah satu pemukiman yang terendam air akibat luapan Sungai Krueng Langsa,, beberapa waktu lalu. Foto Ist

Langsa- Hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Rabu (04/11/2020) malam hingga Kamis (05/11/2020) dinihari, mengakibatkan Sungai Krueng Langsa yang membelah wilayah Kota Langsa, Provinsi Aceh, meluap. Dampaknya, sebanyak 722 rumah warga di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Langsa terendam air.

Berdasarkan data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa, ratusan rumah yang terendam air tersebut berada di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Langsa Kota tepatnya di Gampong Jawa, Kecamatan Langso Baro tepatnya di Gampong Geudubang dan Kecamatan Langsa Lama, tepatnya di Gampong Pondok Pabrik, Gampong Sidodadi, Gampong Selalah Baru dan Gampong Langso Baro.

Hal itu dibenarkan Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, dalam keterangan persnya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Kondisi terakhir saat ini, banjir masih berlangsung dengan tinggi muka air berkisar 60 cm sampai 120 cm. BPBD Kota Langsa telah menurunkan dua unit perahu karet di dua lokasi berbeda serta melakukan evakuasi korban banjir,” sebutnya.

Raditya Jati menyatakan, pihak Dinas Sosial Kota Langsa telah mendirikan dapur umum di Dusun Tanjung Putus, Gampong Jawa untuk menyuplai makanan kepada para korban banjir. Selain itu, pihak BPBD Langsa juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar selalu berhati-hati terhadap bahaya bencana hidrometeorologi akibat wilayah Aceh kerap kali diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang.

Sementara, dalam situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), diinformasikan kepada warga di wilayah Provinsi Aceh untuk berhati-hati selama tiga hari ke depan, mulai Kamis hingga Sabtu (07/11/2020). Hal ini mengingat, diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai angin kencang dan petir untuk wilayah Aceh Tamiang, Bener Meriah, Aceh Tengah, Tangse, Pidie Jaya, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Subulussalam, Aceh Besar, Langsa dan sekitarnya. Net


Komentar

Berita Terkini