|

Menteng Autodetailing Layak Dicoba

Usaha jasa perawatan kendaraan berlabel Menteng Autodetailing milik Faisal Amri Siregar di Komplek Perumahan Menteng Indah, kawasan Medan Tenggara, beberapa waktu lalu. Foto Isvan

Menteng Autodetailing, namanya. Berada di Komplek Perumahan Menteng Indah, kawasan Medan Tenggara, bisnis jasa perawatan mobil dan sepeda motor ini kian moncer di kalangan warga Kota Medan yang ingin kendaraannya tampil sempurna.

"Kita tidak sekadar membuat mobil dan sepeda motor menjadi bersih dan kinclong, tapi juga lebih fresh," klaim sang pemilik bisnis, Faisal Amri Siregar saat disambangi di tempat usahanya itu beberapa waktu lalu.

Usaha yang dimulainya sejak tahun 2017 silam itu memang kian diminati. Padahal, Faisal mengaku, usaha ini tanpa disengaja. Maklum, hobinya membersihkan sekaligus mempercantik mobil di garasi rumah, ternyata mampu mencuri perhatian para penghuni komplek. Tidak sedikit yang memanfaatkan jasanya, hingga Faisal kemudian memutuskan untuk membuka usaha dengan bendera Menteng Autodetailing.  

"Alhamdulillah, hobi ini bisa menghasilkan uang,” tukas pria yang karib disapa Ical ini.

Apalagi, saat konsumen dari luar komplek itu berdatangan untuk memanfaatkan jasa perawatan mobil. Satu hal yang mendorongnya merekrut karyawan untuk membantu usahanya. Saat ini, tidak kurang tujuh tenaga trampil membantunya dalam merawat kendaraan secara detil.

Tidak hanya itu, Ical juga menerapkan konsep rumahan dalam bisnisnya. Bila bertandang ke tempat usahanya, para pengunjung seakan bukan berada di bengkel perawatan kendaraan yang identik dengan kotor dan bau. Ia juga berupaya memanjakan konsumen dengan menerapkan layanan antar-jemput kendaraan, bagi warga yang bermukim di komplek Menteng Indah. 

Selain itu, bagi konsumen yang bermukim di luar komplek perumahan, pihaknya juga bersedia menerima panggilan untuk jasa perawatan mobil. Syaratnya, konsumen minimal memesan untuk dua pengerjaan. 

"Untuk melayani panggilan di luar komplek, kita kirim teknisi berikut alat dan mesin untuk mendukung pekerjaan teknisi itu," ujarnya lantas menambahkan, Medan Autodetailing kerap dipercaya dalam beragam acara kontes mobil.

Teknisi Menteng Autodetailing sedang menangani kendaraan konsumen. Foto Isvan

Ical memang tergolong menjaga kualitas pekerjaannya. Ia tidak ingin konsumen kecewa dan berpindah ke 'lain hati' akibat tidak puas dengan pelayanan yang diberikan Menteng Autodetailing. Lihat saja, untuk satu kendaraan yang akan 'disulapnya' menjadi bersih, kinclong dan fresh, dibutuhkan waktu selama tujuh jam. Tidak hanya perawatan luar kendaraan dan kabin, tapi juga mesin. Bahan baku yang digunakan juga dari kelas premium, baik sabun maupun bahan lainnya. 

"Demi menjaga kualitas pengerjaan dan kepuasan pelanggan, kita hanya menerima tiga sampai empat unit mobil per hari," sebut lajang alumnus Universitas Negeri Medan (Unimed) ini yang mengaku kebanjiran orderan pada setiap akhir pekan, terutama saat musim panas. 

Pada kesempatan itu, Ical membuka sekelumit rahasia perawatan kendaraan di tempatnya. Para teknisi Menteng Autodetailing memanfaatkan teknik coating yang mampu menghasilkan efek daun talas pada cat kendaraan.

“Efek daun talas ini membuat air maupun kotoran seakan-akan tidak menempel pada bodi mobil, sehingga air maupun kotoran akan langsung jatuh saat disiram tanpa harus dilap lagi,” urai Ical yang juga membuka layanan mempercantik sepeda motor.

Satu unit Vespa yang telah selesai menjalani perawatan di Menteng Autodetailing. Foto Isvan

Pihaknya juga menawarkan paket fogging yang akan menetralisir udara dalam kabin mobil. Caranya, kabin ditembak uap selama 15 menit, sehingga udara mobil steril dan fresh total seperti mobil baru.

Mengenai paket perawatan kendaraan yang ditawarkan, Ical menyatakan cukup bervariasi, mulai Rp550.000 hingga Rp2.150.000. 

"Yang paling penting, berupaya memberikan pelayanan maksimal agar konsumen menjadi puas dan mempercayai Menteng Autodetailing sebagai tempat perawatan kendaraannya," sebut Ical.

Jadi, tunggu apa lagi? Perawatan kendaraan di Menteng Autodetailing layak dicoba! Isvan

Komentar

Berita Terkini