|

Lima Kabupaten/Kota Terima Ribuan Alat Pertanian

Kepala Seksi Pupuk, Pestisida dan Alsintan Bidang Sarana Prasarana Pertanian Dinas TPH Sumut, Heru Suwondo, menyerahkan paket bantuan alat pertanian kepada perwakilan Dinas Pertanian Batu Bara, Selasa (24/11/2020). Foto Ist

Medan- Pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut mulai membagikan ribuan paket bantuan alat pertanian yang bersumber dari dana refocusing APBD 2020 Tahap II ke berbagai kabupaten/kota.

"Sampai hari ini, ribuan alat pertanian sudah diserahkan ke lima kabupaten/kota di Sumatera Utara," papar Kepala Seksi Pupuk, Pestisida dan Alsintan Bidang Sarana Prasarana Pertanian Dinas TPH Sumut, Heru Suwondo, melalui telepon selulernya, Selasa (24/11/2020).

Ia mengaku masih berada di Kabupaten Asahan untuk mendistribusikan paket bantuan alat pertanian tersebut, setelah dari Kabupaten Batu Bara. Di Kabupaten Batu Bara, pihaknya menyerahkan kepada perwakilan Dinas Pertanian setempat paket bantuan berupa 600 cangkul, 250 garu, 200 parang, dan 35 kereta sorong (angkong). Begitu juga di Kabupaten Asahan, pihak Dinas Pertanian setempat menerima 600 cangkul, 250 garu, 200 parang dan 45 angkong.  

"Khusus bantuan handsprayer, segera didistribusikan dalam waktu dekat," tukasnya.       

Secara terpisah, Kepala Bidang Sarana Prasarana Pertanian Dinas TPH Sumut, Jonni Akim Purba, membenarkan hal itu. Selain Asahan dan Batu Bara, sejumlah kabupaten/kota juga telah menerima paket bantuan alat pertanian tersebut, seperti Padang Lawas (Palas), Padang Lawas Utara (Paluta) dan Padangsidimpuan. Untuk Kabupaten Palas dan Paluta, lanjutnya, masing-masing mendapatkan 600 cangkul, 300 garu, 200 parang dan 45 angkong. Berbeda dengan Kota Padangsidimpuan yang hanya menerima 300 cangkul, 100 garu, 100 parang dan 45 angkong.

"Kita optimis, dalam minggu ini, seluruh kabupaten/kota sudah menerima paket bantuan alat pertanian ini," tegasnya melalui aplikasi WhatsApp.

Perwakilan Dinas TPH Sumut menyerahkan paket bantuan bibit cabai merah kepada pihak Poktan Parsadanta Desa Sikeben Kecaatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, beberapa waktu lalu. Foto Ist 

Sementara, pendistribusian paket bantuan bawang merah, cabai merah dan jagung ke kabupaten/kota masih terus dilakukan Bidang Hortikultura dan Bidang Pangan Dinas TPH Sumut, melalui tim kecil yang dibentuk masing-masing bidang. Berdasarkan informasi Kabid Hortikultura Dinas TPH Sumut, Bahruddin Siregar, paket bantuan bawang merah dan cabai merah telah diterima puluhan kelompok tani (poktan) di wilayah Kabupaten Deliserdang, Serdangbedagai (Sergai), Tebingtinggi, Asahan, Tanjungbalai dan Dairi pada awal pekan ini. 

Sebelumnya, pendistribusian juga telah dilakukan ke berbagai kabupaten/kota di Sumut, diantaranya, wilayah Pulau Nias, Madina, Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Tanah Karo dan Langkat.

"Sampai saat ini, realisasi pendistribusian paket bantuan bawang merah dan cabai merah sudah mencapai 80 persen," ujar Bahruddin Siregar di ruang kerjanya, Rabu (25/11/2020) pagi.

Sekadar mengingatkan, pihak Dinas TPH Sumut melalui dana refocusing APBD 2020 Tahap II menyalurkan paket bantuan pertanian kepada para petani yang tergabung dalam poktan. Menurut keterangan Kepala Dinas TPH Sumut, Dahler Lubis, paket bantuan bibit bawang merah dialokasikan pada areal seluas 15 hektar di 20 kabupaten/kota, paket bibit cabai merah (222 ha di 22 kabupaten), paket bibit jagung (17.200 ha di 17 kabupaten/kota) serta bantuan alat pertanian berupa 16 ribu cangkul, 7.000 garu, 6.000 parang, 1.181 angkong, 1.200 handsprayer, 14.286 unit perangkap lalat buah dan 35.788 unit likat kuning ke 32 kabupaten/kota. Fey   


Komentar

Berita Terkini