|

Agen Lembu di Sawit Seberang Kepergok Mencuri

Tersangka pencuri lembu betina milik Kliwon yang diamankan Polsek Padangtualang, Jumat (02/10/2020). Foto Ist


Sawit Seberang- Seorang agen lembu bernama Didi Hermanto (35), warga Dusun III Banyu Urip Desa Sei LiturTasik Kecamatan Sawit Seberang, Kabupaten Langkat, kepergok mencuri lembu betina milik warga sedesanya, Jumat (02/10/2020).

Menurut Kapolsek Padangtualang, AKP Tarmizi Lubis, penangkapan terhadap Didi berawal dari laporan korbannya, Kliwon (67).  

"Tersangka diamankan di salah satu rumah keluarganya, kawasan Pasar 2 Dondong Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat, setelah ketahuan mencuri lembu betina milik korban," ungkapnya melalui telepon selulernya, Sabtu (03/10/2020).

Dihadapan petugas juru periksa Polsek Padangtualang, kata AKP Tarmiiz, tersangka mengaku tidak merencanakan pencurian lembu tersebut. Namun, lanjutnya, saat melihat lembu korban sedang melahap rumput di belakang rumah tersangka, muncul niat jahatnya untuk mencuri hewan berwarna kuning muda tersebut. Berbekal seutas tali nilon sepanjang enam meter dari dapur, ia segera mengalungkannya ke leher lembu dan selanjutnya menambatkan hewan itu ke pohon pisang yang ada di sekitar tempat itu.

"Tersangka kemudian menyewa pick up untuk mengangkut lembu curiannya ke kawasan Pasar 4,5 Tanjungberingin Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat," paparnya.

AKP Tarmizi menambahkan, bersama seorang rekannya, Leo, tersangka menaikkan lembu ke mobil pick-up itu. Beruntung, seorang warga, Juliadi, memergoki hal itu. Ia curiga, lembu betina yang selama ini diketahui milik Kliwon dinaikkan ke pick-up. Tanpa menunggu waktu lama, Juliadi segera mengambil gambar lembu betina itu melalui telepon selulernya dan memperlihatkannya kepada korban.

Sontak, korban terkejut melihat foto tersebut dan mengaku tidak pernah berniat menjual lembu betina miliknya. Pemilik pick-up segera diberitahu seputar aksi pencurian itu, sehingga menyuruh sopirnya untuk mengantar kembali lembu betina yang telah berada di atas kendaraan. 

Di saat bersamaan, tersangka masih melakukan negosiasi seputar harga jual lembu betina itu dengan calon pembelinya. Kesempatan itu dimanfaatkan sopir pick-up untuk mengarahkan mobilnya menuju kediaman korban. Hanya saja, tersangka mengetahui aksi sopir pick-up dan memilih turun dari kendaraan untuk melarikan diri sebelum tiba di rumah korban. Sementara, sopir terus melanjutkan perjalanan ke rumah korban untuk mengembalikan lembu betina itu.

"Korban kemudian melapor kasu pencurian lembunya ke Mapolsek Padangtualang, sehingga segera kita tindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan untuk mencari tahu keberadaan tersangka," tutur AKP Tarmizi. Ian


Komentar

Berita Terkini