|

Panwascam Binjai Utara Dilaporkan ke Bawaslu

Seorang warga, Sutan, didampingi dua saksi, Nurlina Dewi dan Sri Puspitas melaporkan Panwasca Binjai Utara yang dinilai tidak netral dalam kegiatan sosialisasi partisipasi masyarakat, ke Bawaslu Binjai, Senin (31/08/2020)
Binjai- Dinilai tidak bersikap netral, seorang warga di Kecamatan Binjai Utara melaporkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) setempat ke pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai, Senin (31/08/2020) petang.

Sutan menilai, atribut salah satu pasangan bakal calon (balon) Wali Kota/Wakil Wali Kota Binjai mendominasi kegiatan sosialisasi partisipasi mayarakat yang digelar pihak Panwascam Binjai Utara di 'Rumah Gadang' kawasan Jalan Agus Salim Binjai, beberapa waktu lalu. Hal itu dibenarkan seorang saksi yang dibawa Sutan saat melapor ke Bawaslu Binjai, Nurlina Dewi.

"Waktu kegiatan sosialisasi, ada atribut salah satu pasangan bakal calon wali kota/wakil wali kota di sekitar kegiatan sosialisasi Panwascam Binjai Utara di 'Rumah Gadang' yang bersebelahan dengan rumah saya," ungkapnya dihadapan staf Bawaslu Binjai, Eli, yang menerima pengaduan itu.

Ia melihat, di dinding becak bermotor yang sedang parkir di sekitar lokasi kegiatan, terpasang atribut salah satu pasangan balon wali kota/wakil wali kota Binjai. Begitu juga kendaraan roda empat yang terparkir.

"Makanya kami heran, ini acara Panwascam Binjai Utara atau acara salah satu pasangan balon wali kota/wakil wali kota," ujarnya yang saat itu didampingi saksi lainnya, Sri Puspita.  

Masih menurut Dewi, dua hari sebelum acara sosialiasi, ada tim dari salah satu pasangan balon wali kota/wakil wali kota mengumpulkan Kartu Keluarga warga sekitar tempat itu. 

"Katanya mau ada acara di Rumah Gadang. Makanya kami pikir acara Panwascam itu acara salah satu pasangan balon," sebutnya.

Ironisnya, kata Dewi, sekira pukul 12.00 WIB, seorang wanita turun dari gedung sosialisasi menuju mobil Daihatsu Calya yang beratribut salah satu pasangan balon  sembari membawa nasi kotak. 

"Yang kami tahu, wanita itu istri dari Ketua Panwascam Binjai Utara," tuturnya.

Tidak hanya itu, Dewi mengklaim, sekira pukul 14.00 WIB, istri Ketua Panwascam Binjai Utara itu turun lagi dari gedung dan langsung masuk ke mobil bersama temannya. 

"Yang bawa mobil temannya. Mereka langsung pergi, karena acara juga sudah bubar," tukasnya. 

Menanggapi hal itu, Eli, berjanji akan segera menyampaikan laporan tersebut kepada Ketua Bawaslu Binjai. 

"Nantinya pelapor akan dihubungi kembali," tegasnya. Ian

Komentar

Berita Terkini