|

Pemko Medan Bagikan 300 Ribu Paket Bahan Pokok

Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, memeriksa beras bantuan sebelum dibagikan kepada 265 ribu Kepala Keluarga yang terdampak pandemi Covid-19 pada tahap II di Komplek Pergudangan Perum Bulog kawasan Jalan Jemadi Medan, Sabtu (16/05/2020). Foto Ist
Medan- Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution menyerahkan secara simbolis bantuan sosial (bansos) tahap II sebanyak 300 ribu paket bahan pokok kepada 265 ribu Kepala Keluarga yang terdampak pandemi Corona virus disease (Covid)-19 di Komplek Pergudangan Perum Bulog kawasan Jalan Jemadi Medan, Sabtu (26/05/2020).

"Pada tahap awal ini, ada empat kecamatan yang menjadi prioritas, yakni Medan Barat, Timur, Deli dan Marelan," ungkap Akhyar usai menyerahkan secara simbolis paket bahan pokok kepada 10 penerima bantuan.

Ia mengklaim, bansos tahap II lebih banyak dibanding sebelumnya. Menurutnya, setiap paket bahan pokok berisi 20 kilogram beras dan 2 kilogram gula pasir.

"Pada tahap pertama bulan April lalu, penerima hanya menerima lima kilogram beras. Di tahap kedua, penerima menerima 20 kilogram beras ditambah dua kilogram gula pasir," paparnya.

Akhyar menyatakan, penyaluran bantuan beras ini bukan yang utama dalam menyikapi pandemi Covid-19 di Kota Medan. Paling utama, lanjutnya, memutus rantai penyebaran virus yang sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya. Caranya, menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Pada kesempatan itu, Akhyar juga mengingatkan camat dan lurah untuk melakukan pengawasan ketat, sehingga penyaluran tepat sasaran. Apalagi di waktu bersamaan, Kementerian Sosial (Kemensos) juga menyalurkan bantuan terkait dampak Covid-19.

“Kepada seluruh camat, saya titip penyaluran bantuan tahap kedua ini dan ikuti protokol kesehatan ketika menyalurkannya," sebutnya.

Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, menyerahkan secara simbolis bantuan sosial tahap II kepada seorang penerima, Sabtu (16/05/2020). Foto Ist
Sebelumnya, Kadis Sosial Kota Medan, Endar Sutan Lubis melaporkan, sebanyak 300.000 paket akan disalurkan kepada warga yang memiliki kriteria miskin, tidak mampu, berpenghasilan rendah serta loss income saat pandemi Covid-19.

"Dari hasil pendataan pihak kelurahan dan kepling (kepala lingkungan, red) di wilayahnya masing-masing, tercatat sebanyak 265.000 Kepala Keluarga yang akan menerima bantuan tahap kedua dari Pemko Medan," tutur Endar.

Namun, diakuinya, data tersebut sifatnya dinamis. Bagi warga yang memiliki kriteria itu dan tidak mendapatkan bantuan, pihaknya menyarankan agar segera melaporkan kepada kepling di wilayah tinggalnya masing-masing hingga 29 Mei 2020.

"Jadi, tolong setiap warga melihat nama penerima bantuan dari Pemko Medan di kelurahannya masing-masing. Kalau tidak terdaftar, taoi memenuhi kriteria, silakan melapor ke kepling," urainya lantas menyatakan, ada sebanyak 35 ribu paket bahan pokok yang disiapkan untuk cadangan. Hen
Komentar

Berita Terkini