|

Belasan Masjid di Kota Medan Terima Eco Enzim

Sejumlah pengurus BKM Al Ijtima'iyah kawasan Jalan Letda Sudjono Medan memperlihatkan bantuan berupa cairan eco enzim berikut alat penyemprotnya, beberapa waktu lalu. Foto Fey
Medan– Menjelang Ramadan, para relawan Gerakan Peduli Masjid (GPM) kian gencar menyalurkan bantuan cairan eco enzim siap pakai berikut alat penyemprotnya ke sejumlah Masjid di wilayah Kota Medan.

Menurut seorang penggagas GPM, Erdiansyah Lubis, pihaknya sengaja menambah durasi penyerahan bantuan agar para pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) bisa melakukan sterilisasi Masjid sebelum digunakan untuk kegiatan ibadah selama Ramadan.

“Dari kesepakatan para relawan, kita targetkan untuk memberikan bantuan ke lima Masjid setiap minggu,” ujar Erdiansyah melalui telepon selulernya, Jumat (17/04/2020).

Ia berharap, bantuan tersebut mampu dimanfaatkan para pengurus BKM demi menjaga kesehatan diri para jamaah. Berdasarkan catatan pihaknya, hingga pekan ketiga aksi moral dan sosial berlangsung, belasan Masjid di wilayah Kota Medan telah menerima bantuan cairan antiseptik berbahan ramah lingkungan tersebut.

Sejumlah pengurus BKM Nurul Huda kawasan Jalan Denai Gang Pinang Medan, usai menerima bantuan cairan eco enzim dari relawan GPM, beberapa waktu lalu. Foto Fey
“Saat ini, masih banyak Masjid yang telah mendaftar, tapi terpaksa harus menunggu pendistribusiannya karena bahan baku eco enzim relatif terbatas,” papar pria yang bermukim di Kompleks Perumahan Bumi Asri, kawasan Jalan Asrama Medan itu.

Secara terpisah, Ketua BKM Darul Haq di Jalan Benteng Hilir kawasan Titi Sewa, Medan Tembung, Sarno SP, menyambut positif bantuan tersebut.

“Alhamdulillah masih ada yang peduli dengan jamaah Masjid di saat pandemi Covid (Corona virus disease, red) 19 seperti sekarang,” paparnya didampingi Sekretaris BKM, Miswanto, usai menerima bantuan dari relawan GPM, Kamis (16/04/2020) malam.

Hal senada dikemukakan Ketua BKM Al Ijtima'iyah kawasan Jalan Letda Sudjono Medan, M Fadli Said Sag MA.

Pengurus BKM  Darul Haq (berpeci) menerima secara simbolis botol berisi cairan eco enzim siap pakai, beberapa waktu lalu. Foto Fey
“Terima kasih atas kepedulian para relawan GPM. Insha Allah bantuan ini akan kami gunakan untuk kepentingan para jamaah sebelum masuk ke Masjid,” tutur Fadli.

Sebelumnya, Ketua BKM Assalam kawasan Jalan Pancing 1 Gang Buntu Lingkungan IV Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan, H Muchtar dan Sekretaris H Selamat SE, memuji pihak GPM yang menggunakan bahan alami untuk kepentingan para jamaah.

“Selama ini banyak beredar di media sosial, penggunaan anti septik berbahan kimia tidak bagus untuk kulit manusia. Beda dengan bantuan cairan eco enzim ini yang ternyata ramah lingkungan,” sebutnya.

Bantuan dari relawan GPM juga menuai pujian dari Kepala Lingkungan 8 Kelurahan Tegal Sari 1 Kecamatan Medan Area, Ardiansyah. Bahkan, ia tidak sungkan untuk menjadi bagian dari GPM dengan turut aktif membagikan bantuan tersebut ke sejumlah Masjid di wilayah kerjanya, salah satunya BKM Nurul Huda di kawasan Jalan Denai Gang Pinang Medan, beberapa waktu lalu.

Pengurus BKM Assalam kawasan Jalan Pancing 1 Gang Buntu Lingkungan IV Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan, menerima bantuan dari relawan GPM, beberapa waktu lalu. Foto Fey  
"Saya siap menjadi relawan Gerakan Peduli Masjid demi memakmurkan Masjid yang ada di wilayah Kecamatan Medan Area," tandasnya. Fey 


Komentar

Berita Terkini