|

Dolomit Jatim Terbaik di Dunia

Gubernur Jatim, Hj Khofifah Indar Parawansa dan Wagubsu Musa Rajekshah memperlihatkan nota kesepakatan bersama di Ballroom Hotel Mercure, kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Selasa (04/02/2020). Foto Fey
Medan- Kalori yang terkandung dalam dolomit asal Provinsi Jawa Timur (Jatim) termasuk yang terbaik di dunia. Penegasan itu dikemukakan Gubernur Jatim, Hj Khofifah Indar Parawansa saat membuka kegiatan bertajuk 'Misi Dagang Jawa Timur di Sumatera Utara', di Ballroom Hotel Grand Mercure kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Selasa (04/02/2020) siang.

"Dalam pertemuan internasional di Singapura beberapa waktu lalu, kalori yang terkandung dalam dolomit asal Gresik, Jawa Timur, termasuk yang terbaik di dunia," ungkapnya dihadapan Wagubsu H Musa Rajekshah dan ratusan pengusaha asal Jatim dan Sumut. 

Khofifah berharap, Provinsi Sumut bisa memanfaatkan dolomit asal Jatim tersebut untuk memenuhi kebutuhan pupuk perkebunan kelapa sawit yang membentang luas. Sebaliknya, Sumut bisa memasok kebutuhan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil, CPO) untuk pabrikan di wilayah Jatim.

"Industri minyak goreng banyak di wilayah Provinsi Jawa Timur dan butuh CPO dari Sumatera Utara. Begitu juga, dolomit terbaik ada di Jawa Timur dalam jumlah banyak yang cukup memenuhi kebutuhan perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara," tuturnya.

Ia menambahkan, kegiatan Misi Dagang Jatim ke Sumut bisa menjadi solusi dari perang dagang antara China dan Amerika Serikat.

"Kita punya enerji luar biasa dan kekuatan luar biasa. Bagaimana kalau kita silaturahim melalui business meeting dan business matching," imbaunya.

Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu, Ir Jonni Akim didampingi stafnya, Ir Hj Lusiantini berbincang dengan anggota delegasi Jawa Timur. Foto Fey
Wagubsu Musa Rajekshah menyambut positif tawaran tersebut. Selama ini, lanjutnya, produksi CPO Sumut mayoritas diekspor ke luar negeri.

"Kalau pun selama ini ada yang di dalam negeri, termasuk industri minyak goreng di Jawa Timur, sebatas person to person," tukas pria yang kerap disapa Ijeck tersebut.

Ditambahkannya, tawaran kerja sama antar pemerintah provinsi mampu memotivasi para pengusaha.

"Ini sangat bagus dan menjadi tugas pemerintah daerah untuk semakin memudahkan para pengusaha dalam melakukan kerja sama ini," ujarnya.

Pada kegiatan itu, terjadi transaksi perdagangan senilai Rp195,7 miliar. Direncanakan, Pemerintah Provinsi Jatim bakal menggelar kegiatan serupa di lima kota selama tahun 2020.

Chief Marketing Officer PT Polowijo Gosari, Adhie Widihartho (berjas) dan Perwakilan Area Sumut, Swandi Purba, menjelaskan produk dolomit asal Gresik yang termasuk terbaik di dunia. Foto Fey 
Di sela-sela acara, Chief Marketing Officer PT Polowijo Gosari, Adhie Widihartho, mengklaim, perusahaannya yang bermarkas di Jalan Sekapuk Sidayu Km 32 Gresik, Jawa Timur itu memiliki cadangan tambang dolomit sebanyak 500 juta ton dalam bentuk gunung dolomit seluas 700 hektar (ha).

”Itu sangat cukup untuk program pertanian. Jika setahun saja produksinya sebanyak 2 juta ton, cadangan itu bisa mencapai 250 tahun,” sebutnya yang saat itu didampingi perwakilan PT Polowijo Gosari wilayah Sumut, Swandi Purba.

Ia menjelaskan, dolomit merupakan bahan baku utama untuk pembuatan pupuk dolomit. Jenis pupuk itu sangat cocok untuk memperbaiki kondisi lahan pertanian di Indonesia yang umumnya rusak akibat penggunaan pupuk kimia berlebihan.

”Dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan produksi pangan, perlu upaya memperbaiki kondisi lahan. Salah satunya dengan penggunaan dolomit,” tandasnya. Fey

Komentar

Berita Terkini