|

Keberadaan USU harus Dirasakan Masyarakat

Rektor USU, Prof Runtung Sitepu (posisi enam dari kiri) foto bersama dalam kegiatan baktii sosial  yang digelar RS USU dalam rangkaian Dies Natalis ke-67 USU, Senin (16/9/2019). Foto Hendra
Medan- Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof Dr Runtung SH MHum mengingatkan, keberadaan USU harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Sumatera Utara. Hal itu disampaikan pada pembukaan acara Operasi Katarak Gratis, Skrining Jantung (EKG) gratis dan Ceramah Awam Tentang Penggunaan Antibiotik di RS USU, Senin (16/9/2019).

Menurutnya, keberadaan USU tidak hanya sebagai pusat pendidikan dan penelitian tetapi juga berfungsi pengabdian masyarakat agar keberadaan USU dirasakan masyarakat.

"Banyak cara yang tentunya dapat kita lakukan dengan mengembangkan hasil-hasil penelitian, dan salah satu di antaranya seperti yang kita laksanakan hari ini yakni melakukan operasi katarak," tuturnya.

Ia memuji keberadaan RS USU yang dioperasionalkan pada 28 Maret 2016 yang telah mengalami peningkatan jumlah pasien dan berharap agar segenap civitas terus meningkatkan pelayanan.

Pada kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan beberapa hal terkait hasil keputusan rapat di Kemenristek Dikti beberapa waktu yang lalu. Salah satunya, pada tahun ini akan dilakukan sarasehan sekaligus tukar fikiran dengan para Kepala SMA/SMK di daerah-daerah terpencil, seperti Kepulauan Nias, kawasan dataran tinggi Karo dan Dairi, serta kawasan Tapanuli bagian selatan dan utara. Hal itu dilakukan untuk mencari formula terbaik sehingga ke depan, para pelajar dari daerah terpencil bisa merasakan pemerataan pendidikan dari jalur undangan ke USU.

"Lebih kurang 60 persen mahasiswa USU berasal dari perkotaan, dan untuk itu pemerintah pusat mendorong agar PTN di daerah melakukan terobosan. Salah satunya kita akan memberikan bimbingan, yakni dengan menerjukan tim untuk melaksanakan bimbingan, sehingga anak-anak dari daerah terpencil memiliki peluang masuk PTN," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Prof Ida Yustina melaporkan, kegiatan ini merupakan rangkaian pelaksanaan Dies Natalis ke-67 USU. "Ini merupakan kegiatan kedua. Sebelumnya diadakan USU Got Talent," papar Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat ini.

Prof Ida menambahkan, kegiatan bhakti sosial ini dilaksanakan sebagai bagian terpenting dharma bakti USU untuk masyarakat.

Sementara, Dirut RS USU, Dr dr Syah Mirsya Warli SpU (K) menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan Rektor USU dan panitia Dies Natalis serta mitra yang selama ini mendukung penuh kegiatan bakti sosial.

Tampak hadir, Wakil Rektor I Prof Dr Ir Rosmayati MS, Sekretaris USU Dr dr Farhat MKed (O.R.L-H.N.S), Sp.T.H.T-K.L.(K.), Dekan Fakultas Keperawatan Setiawan SKp MN S PhD, Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan, dr Riyadh Ikhsan, M.Ked (DV), Sp.KK dan PK, Direktur Diklat, Penelitian dan Kerjasama dr Sake Juli Martina Sp FK serta jajaran civitas RS USU, dr Irwanto dari Dr’s Coffie selaku bagian dari pendukung kegiatan, mewakili Perdami dr Bobby Ramses Sitepu SpM serta 45 pasien katarak yang berasal dari Toba Samosir dan Kota Medan yang bakal dioperasi. Hendra
Komentar

Berita Terkini