|

102 Mahasiswa Faperta UISU Ikut PKL

Dekan Faperta UISU, Dr Ir Asmanizar MP memberikan cenderamata kepada Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian, Prof Hermanto Siregar, usai kuliah umum beberapa waktu lalu. Foto Ist 
Medan- Guna meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengalaman, sebanyak 102 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara (Faperta UISU) dari tiga program studi (prodi), melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di sejumlah instansi, baik pemerintah maupun swasta.

Menurut Dekan Faperta UISU, Dr Ir Asmanizar MP, kegiatan yang berlangsung sejak 8 Juli 2019 hingga 20 Agustus 2019 itu termasuk dalam Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan merupakan bagian akademik terkait dengan Satuan Kredit Semester (SKS).

"PKL diikuti mahasiswa dari tiga program studi, masing-masing Agroteknologi, Teknologi Hasil Pertanian dan Agribisnis," ungkapnya di Kampus Faperta UISU kawasan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kamis (1/8/2019) pagi.

Ia mengakui, pemberangkatan para mahasiswa PKL telah berlangsung di Kampus Terpadu Faperta UISU, pada 6 Juli 2019. Pada saat itu, Asmanizar yang didampingi Pembantu Dekan II, Desi Novita SP MSi dan Pembantu Dekan III, Edy Sumantri MP, berpesan agar para peserta PKL memanfaatkan kesempatan berinteraksi langsung dengan kehidupan masyarakat pertanian.

Sejumlah mahasiswa Faperta UISU mengikuti ujian semester di Kampus Gedung Johor Medan beberapa waktu lalu. Foto Ist
"Ambil pelajaran dan ilmu di tempat PKL masing-masing agar bisa menjadi bekal saat mahasiswa lulus kuliah dan berada dalam lingkungan kerja," tuturnya dihadapan para peserta PKL, Ketua dan Sekretaris Prodi Agroteknologi, Dr Yayuk Purwaningrum SP MP dan Ir Chairani Siregar MP, Ketua dan Sekretaris Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Ir Mahyu Danil MP MM dan Wan Bahroni Jiwar Barus SP MSi, serta Ketua Prodi Agribisnis, Surya Dharma SP MM.

Asmanizar juga berharap, para peserta bisa mematuhi peraturan yang telah ditetapkan prodi masing-masing dan ketentuan yang berlaku di lokasi PKL.

"Laksanakan PKL ini seoptimal mungkin dan jangan sia-siakan kesempatan berharga untuk mengetahui dunia kerja yang sebenarnya sebagai bekal untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah," papar Asmanizar.

Kampus Faperta UISU di kawasan Gedung Johor, Medan. Foto Ist
Sebelumnya, Edy Sumantri menyatakan, tidak sedikit alumni Faperta UISU yang berkiprah di tingkat nasional. Salah satunya, Ali Jamil Harahap yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian RI. Selain itu, ribuan alumni menduduki jabatan strategis di sejumlah perusahaan kelapa sawit multi-nasional.

"Kita tetap berkomunikasi dengan para alumni melalui Ikatan Alumni Fakultas Pertanian UISU," ujarnya. Fey





Komentar

Berita Terkini