|

Wabup Musi Banyuasin Tertarik Gula Merah Sawit

Wakil Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi (baju hijau tua) menyerahkan cenderamata kepada Sekdakab Sergai, Hadi Winarno, saat berkunjung ke Sei Rampah, Rabu (24/7/2019). Foto Ali Amran
Sei Rampah- Ternyata, gula merah (brown sugar) dari batang kelapa sawit yang dihasilkan Serdangbedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menarik perhatian para birokrat di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Provinsi Sumatera Selatan.

"Brown sugar kelapa sawit merupakan peluang industri yang menjanjikan, karena Kabupaten Musi Banyuasin juga mengandalkan kelapa sawit dan karet sebagai mata pencaharian 200 ribu penduduk," ungkap Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi, saat berkunjung ke Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati sergai di kawasan Sei Rampah, Rabu (24/7/2019).

Ia mengklaim, salah satu komoditas utama Kabupaten Muba adalah kelapa sawit dan karet. Kondisi itu, menurutnya, sama dengan penduduk Kabupaten Sergai. 

"Kami sangat membuka diri pada kerjasama pemanfaatan gula merah dari batang sawit dan berharap Kabupaten Serdangbedagai dan Musi Banyuasin menjadi daerah penghasil gula merah kelapa sawit terbesar di Indonesia," tuturnya.

Wabup Beni menjelaskan, kunjungan perdana ke Sergai itu diikuti 37 pejabat dari jajaran Dinas Perkebunan, Camat dan pimpinan organisasi perkebunan kelapa sawit.

Sekdakab Sergai, Drs Hadi Winarno MM menyambut positif kunjungan tersebut. "Pemkab Serdangbedagai sangat ingin bekerjasama dengan Pemkab Musi Banyuasin karena dari sisi usia jauh lebih tua. Pastinya, banyak pengalaman bermanfaat yang harus kami pelajari dari Kabupaten Musi Banyuasin," sebutnya.

Pada kesempatan itu, tampil Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Sergai, M Sofyan Daulay SE mempresentasikan proses pengelolaan brown sugar dari kelapa sawit. (AA)

Komentar

Berita Terkini