|

Tiga Kabupaten di Sumut Kembangkan Pisang dan Salak

Plh Kabid Hortikultura Dinas TPH Sumut, Ir Bahruddin Siregar MM bersama stafnya melihat bibit pisang barangan hasil kultur jaringan di screen house BIH Gedung Johor, kawasan Jalan Karya Jaya 22 Medan, beberapa waktu lalu. Foto Ist
Medan- Pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) segera membagikan bantuan benih pisang dan salak di sejumlah kabupaten.

Menurut Kepala Dinas TPH Sumut, Ir Dahler Lubis MMA, Kabupaten Deliserdang, Batubara, Asahan, Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal akan menerima bibit pisang serta tiga kabupaten, yakni Deliserdang, Batubara dan Asahan mendapatkan bibit salak. 

“Tahun ini melalui APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2019, kita melakukan peningkatan produksi buah dan florikultura lewat pengembangan kawasan aneka buah,” ungkap Dahler Lubis melalui telepon selulernya, Minggu (28/7/2019).

Ia mengemukakan, sebelumnya pengembangan kawasan aneka buah itu di areal seluas 94 ribu hektar dengan tiga komoditas, masing-masing jeruk lemon, salak dan pisang. Namun, khusus pengembangan jeruk lemon telah dibatalkan melalui pengurangan anggaran beberapa waktu lalu.

"Untuk pisang, kita sedang menyiapkan sebanyak 24 ribu bibit kultur jaringan pisang dan 8.000 batang salak untuk dibagikan ke masyarakat petani di Sumatera Utara," tegasnya.

Kadis TPH Provsu, Ir Dahler Lubis MMA (topi putih) bersama Plt Kadis Pertanian Batubara, Hair (tengah) dan Plh Kabid Hortikultura Dinas TPH Provsu, Ir Bahruddin Siregar MM, saat berada di Desa Lubuk Cuik Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batubara, beberapa waktu lalu. Foto Fey
Selain bibit, pihaknya juga akan memberikan bantuan pupuk organik sebanyak 18.000 kg untuk tanaman pisang dan 15.000 kg untuk mendukung pertanaman salak. Namun, hingga kini kabupaten penerima bantuan belum mengirimkan calon petani calon lokasi 9CPCL) ke Dinas TPH Sumut.

“Saat ini kita masih menunggu CPCL dan diharapkan pada awal Agustus 2019, nama-nama calon penerima bantuan sudah masuk, sehingga bisa diproses lebih lanjut untuk pendistribusian bibit dan pupuk organik,” sebutnya. Fey

Komentar

Berita Terkini