|

Demi Bawang Merah, Gubsu Tempuh Jalan Ekstrim Rumah Liang

Gubsu Edy Rahmayadi melakukan panen bawang merah di Desa Rumah Liang Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deliserdang, Rabu (17/7/2019). Foto Fey
Tiga Juhar- Gubsu Edy Rahmayadi semakin gencar mewujudkan visi Membangun Desa Menata Kota. Demi bawang merah, ia rela menempuh jalan ekstrim menuju Desa Liang Pematang, kerap disebut Rumah Liang, di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu Kabupaten Deliserdang, yang berjarak sekira 70 kilometer (km) dari Kota Medan, Rabu (17/7/2019) petang.

"Saya senang ketemu dengan bapak-ibu petani di Desa Rumah Liang ini untuk memanen bawang merah," ujar Gubsu Edy sesaat turun dari mobil dinasnya, Lexus BK 1 berlogo Pemprovsu.

Didampingi Wakil Bupati Deliserdang, M Ali Yusuf Siregar, dan sejumlah pejabat Pemprovsu dan Pemkab Deliserdang, Gubsu Edy langsung berjalan menuju lokasi panen bawang merah seluas satu hektar (ha). Tanpa ragu, ia segera mencabut bawang merah siap panen yang berada dihadapannya dan memamerkannya di depan kamera para jurnalis agar bisa diabadikan.

Gubsu Edy Rahmayadi menggendong seorang bocah sembari bercengkrama dengan para petani bawang merah di Desa Rumah Liang Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deliserdang, Rabu (17/7/2019). Foto Fey
"Kita harus bisa menjadikan Desa Rumah Liang sebagai sentra pertanaman bawang Sumatera Utara," tegasnya.

Apalagi, kata Gubsu, kondisi tanahnya subur sehingga sangat mendukung untuk pengembangan bawang merah. Saat ini, lanjutnya, Kecamatan STM Hulu dikenal sebagai sentra pertanaman salak. Ke depan, pihaknya berharap bisa juga menjadi penghasil bawang merah. Untuk itu, diperlukan pembinaan petani, peningkatan produktivitas lahan dan peralatan pendukung yang memadai serta pembentukan koperasi. Nantinya para petani bisa mendapatkan modal usahatani dari koperasi dan tidak lagi bergantung kepada tengkulak.

“Di sentra pertanian seperti ini selalu ada predator, tengkulak-tengkulak itu cuma menyusahkan saja. Bayangkan ada petani harus kehilangan tanahnya karena terlilit hutang tengkulak. Kita akan dirikan koperasi biar terbantu petani-petani kita, biar mereka tak berhubungan dengan predator-predator itu,” sebutnya.

Plh Kabid Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provsu, Ir Bahruddin Siregar MM (pakai topi) dan Kabid Sarana Prasarana Dinas TPH Provsu, Ir Jonni Akim Purba saat berada di lahan hibah seluas 2 ha yang akan ditanami bawang merah oleh pihak SMK 1 Binaan Desa Liang Muda Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deliserdang. Foto Fey

Gubsu mengimbau kabupaten/kota di Sumut terus mengembangkan potensi daerahnya. Kecamatan STM Hulu misalnya, selama ini kesohor dengan tanaman salak dan ke depan bertambah menjadi sentra pertanaman bawang merah. Begitu juga dengan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan kopinya dan Tanah Karo dengan sayur-mayur seperti tomat, kol dan tanaman lainnya.

"Kemarin saya ke Batubara, mereka menanam cabai merah dalam skala besar. Potensi-potensi ini harus terus kita kembangkan untuk memajukan masyarakat Sumatera Utara,” ujarnya.

Di lahan pertanaman bawang merah itu, Gubsu sempat berdialog dengan sejumlah petani yang sejak siang telah menanti kehadirannya. "Lahan yang dipanen ini milik saya pak," ujar Bahagia Tarigan yang juga Kepala Desa Rumah Liang, saat Gubsu menanyakan pemilik areal pertanaman bawang itu.

Ia juga telihat serius mendengarkan penjelasan seputar budidaya bawang dari petani setempat. "Lahan dengan ketinggian 800 an meter di atas permukaan laut ini sangat cocok bila ditanam bawang merah," papar Bahagia Tarigan lantas mengklaim tidak sedikit lahan di kawasan STM Hulu yang bisa dimanfaatkan untuk pertanaman bawang merah.

Jalur ekstrim yang ditempuh Gubsu Edy Rahmayadi saat melakukan panen bawang merah di Desa Rumah Liang Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deliserdang, Rabu (17/7/2019). Foto Fey 
Pada kesempatan itu, Gubsu menyerahkan bantuan kepada petani berupa satu unit hand tractor, lima unit hand sprayer dan 100 kg bibit bawang merah. Sebelumnya, Gubsu  atas nama Pemerintah Provinsi Sumut menghibahkan lahan pertanian seluas 2 ha untuk ditanami bawang merah, tiga ruang kelas baru, 38 unit komputer beserta servernya kepada SMKN 1 Binaan STM Hulu. Bantuan itu diharapkan dapat dimanfaatkan para pelajar, sehingga bisa membantu masyarakat mengembangkan pertanian Sumut, khususnya di STM Hulu. Fey


Komentar

Berita Terkini