|

Sumut Terbanyak Kirim Peserta Penas XVI di Padang

Tangkapan tulisan di monitor android milik salah seorang panitia dari Dinas Ketapang TPH Sumut yang memperlihatkan keakraban antara Provinsi Sumut dan Sumbar di ajang Penas XVI Padang, beberapa waktu lalu. Foto Ist
Padang | Kontingen Provinsi Sumatera Utara (Sumut) teramat istimewa di ‘mata' tuan rumah pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI di Landasan Udara Sutan Sjahrir Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Pasalnya, di luar tuan rumah, provinsi yang dipimpin Gubernur Edy Rahmayadi ini mengirimkan peserta terbanyak dibandingkan daerah lain dengan jumlah mencapai 1.790 orang.

“Kita berupaya mengikuti instruksi dari pihak Kementerian Pertanian yang mengimbau provinsi berdekatan dengan lokasi kegiatan Penas mengirimkan peserta sebanyak-banyaknya untuk meramaikan kegiatan Penas di Padang,” ungkap Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut, H Sutarman, di lokasi kegiatan Penas XVI bertajuk ‘Memantapkan Potensi dan nilai tawar komoditi lokal untuk mewujudkan  kemandirian pangan yang berkelanjutan menuju Indonesia menjadi lumbung pangan dunia tahun 2045, Selasa (13/06/2023) siang.

Tidak sekadar mengirimkan jumlah peserta terbanyak, pihaknya juga menyiapkan tim yang berasal dari berbagai kabupaten di Sumut untuk mengikuti setiap kegiatan di Penas XVI.  Menurutnya, para peserta juga terlibat aktif dalam setiap pertemuan  di ajang petani dan nelayan yang berlangsung tiga tahun sekali ini.

“Ini momen para petani dan nelayan, termasuk dari Sumatera Utara, untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, sekaligus belajar agar bisa diterapkan di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing demi peningkatan kesejahteraan keluarga mereka,” sebut Sutarman yang saat itu didampingi Sub-Koordinator Gustina Roma Siregar, dan Sub Koordinator Kelembagaan Penyuluh, M Syafnurdin Asroi

Ditambahkannya, sebanyak 31 kegiatan yang dibagi dalam enam bidang mewarnai pelaksanaan Penas di Padang. Pertama, kata Sutarman, upacara dan apresiasi, kemudian Kemandirian dan Kepemimpinan KTNA, Kemitraan Usaha dan Jaringan Informasi Agribisnis, Pengembangan Teknologi dan Kualitas Produksi Agribisnis, Studi Banding, Wisata dan Pagelaran Seni Budaya, serta terakhir Sekretariatan.

Berdasarkan catatan pihak panitia pelaksana, peserta yang terdaftar mengikuti Penas XVI di Padang selama 10-15 Juni 2023 mencapai 23.780 orang dari 37 provindi di Indonesia,  terdiri atas, peserta utama yang merupakan anggota Kontak Tani Nelayan Andalan, Peninjau dan Pendamping. Dari jumlah tersebut, anggota kontingen Sumbar mencapai 3.000 orang, disusul Sumut mencapai 1.790 orang, dan Riau mengirimkan 1.500 peserta. 

Gubsu Edy Rahmayadi beserta istri, Hj Nawal Lubis dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah beserta istri, usai santap siang, beberapa waktu lalu. Foto Ist
Sambutan hangat dari tuan rumah untuk kontingen Sumut juga dibuktikan dari penggalan tulisan ke WhatsApp seorang panitia  Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut yang berbunyi; ‘Sumut dan Sumbar seperti adik dan kakak. Gub...nya dua sejoli akhiran Edy dan Mayeldy’, seakan menjadi perekat silaturahim di antara kedua provinsi yang bertetangga ini.

“Saya menerima tulisan ini dari grup WhatsApp tanpa tahu sumber yang mengirimnya,” papar Sub-Koordinator Ketenagakerjaan Bidang Penyuluhan Dinas Ketapang TPH Sumut, Fredy Amrin Siregar, saat ditemui di panggung utama Penas XVI Padang.

Sekadar informasi, ajang Penas Petani Nelayan ini juga digelar pameran pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan. Di lokasi pameran terdapat jajaran stan setiap provinsi dan kabupaten/ kota untuk mempromosikan produk unggulan di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan. Fey

Komentar

Berita Terkini