|

YKI Sumut dan Langkat Sepakat Deteksi Risiko Kanker Sejak Dini

Ketua YKI Sumut, Hj Nawal Lubis saat melakukan roadshow pencegahan kanker di Kabupaten Langkat, Rabu (24/05/2023. Foto Ist
Stabat | Menjalani pola hidup sehat, upaya deteksi dini melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin, berperan penting guna mengurangi risiko terserang penyakit tersebut. Demikian dikemukakan Ketua Yayasan Kanker Indonesia Sumatera Utara (YKI Sumut), Hj Nawal Edy Rahmayadi saat melakukan roadshow pencegahan kanker di  Kabupaten Langkat. 

"Harapannya, semua pihak maupun kader PKK selalu menjadi corong buat menyampaikan kepada masyarakat terutama kepada ibu-ibu yang ada di Langkat tentang penyakit kanker," ujar Hj Nawal yang saat itu didampingi Sekretaris YKI Sumut, Siti Zahara Nasution dan rombongan, serta diterima Ketua YKI Langkat, Endang Kurniasih Syah Afandin beserta jajaran di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (24/05/2023). 

Ia mengemukakan, Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat  (PHBS) dan pemeriksaan kesehatan secara rutin perlu dilakukan setiap saat. 

"Intinya, penyakit kanker harus ditangani dengan serius dan diobati secara medis," tegas Nawal. 

Sementara, Ketua YKI Langkat Hj Endang Kurniasih Syah Afandin menjelaskan, YKI sebagai organisasi non profit menangani bidang kesehatan mengemban visi dan misi dengan tugas utama membantu pemerintah dalam penanggulangan masalah kanker di Indonesia. Oleh sebab itu, lanjutnya, penanggulangan kanker merupakan masalah yang sangat kompleks untuk mengatasinya. Intinya, permasalahan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau Kementerian Kesehatan saja. 

"Penyakit kanker merupakan masalah kita semua. Penyakit kanker segera bisa diatasi  apabila gejalanya lebih awal bisa bisa kita ketahui. Apabila sudah berlanjut semakin sulit diobati dan dapat menyebabkan kematian,"  ujar Endang didampingi Kadis Kesehatan Langkat, dr Juliana, dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Langkat. Bewe

Komentar

Berita Terkini