|

Kemandirian Desa di Langkat Menuai Pujian

Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin, memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan yang peduli pada masyarakat sekitarnya, dalam kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Langkat 2024, di Ruang Pola Kantor Bupati kawasan Stabat, Rabu (15/03/2023). Foto Ist 
Stabat | Ternyata pokok bahasan Kemandirian Desa yang diusung Pemkab Langkat dalam kegiatan Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun 2024 di Ruang Pola Kantor Bupati kawasan Stabat, selama tiga hari, 15-17 Maret 2023, menuai pujian dari Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Sekretariat Wakil Presiden, Felix Fernando Wanggai. 

Menurutnya, Kemandirian Desa menjadi topik yang sangat penting bila desa tersebut dapat berdiri sendiri. 

"Kita jangan melihat desa sebagai sektor pertanian saja. Sekarang ini orang melihat desa dari segi pariwisatanya," ujar Felix yang hadir langsung mengikuti kegiatan Musrenbang Kabupaten Langkat yang dibuka Plt Bupati, H Syah Afandin, Rabu (15/03/2023). 

Sementara, H Syah Afandin mengklaim, ide tersebut sudah tersimpan rapi dalam pemikiran, namun kerap terkendala dengan pernyataan, kabupaten ini belum masuk dalam skala prioritas pembangunan nasional. Padahal, lanjutnya, Kabupaten Langkat merupakan satu kawasan strategis yang sangat membutuhkan keseriusan dalam mengelolanya demi kepentingan masyarakat.

"Saya sangat bangga dengan perusahaan-perusahaan yang kemarin sudah memberikan sebagian keuntungannya demi mendukung program Pemkab Langkat untuk kepentingan masyarakat," sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Langkat, Hj Rina Wahyuni Marpaung, melaporkan, pelaksanaan Musrenbang bertajuk 

'Peningkatan Penyerapan Integritas Sektor Ekonomi Unggulan (Pertanian, Perikanan, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM)' ini menyepakati permasalahan pembangunan program prioritas dan kegiatan prioritas penyelenggaraan dengan prioritas pembangunan provinsi serta klarifikasi, verifikasi usulan prioritas yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan. 

"Ini merupakan rangkaian kegiatan terakhir yang akan kita laksanakan selama di kepemimpinan Bapak Plt Bupati Langkat untuk periode 2019-2024," tandasnya. Bewe 


Komentar

Berita Terkini