|

Distribusi Benih STO Triwulan I Rampung

Sejumlah staf Seksi STO Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut mengawal pendistribusian benih kentang ke sejumlah poktan di Kabupaten Samosir, Senin (20/03/2023). Foto Ist
Medan | Kerja keras yang dilakukan seluruh personil Seksi Sayuran dan Tanaman Obat (STO) Bidang Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut dalam mendistribusikan bantuan benih berikut sarana produksi pertanian (saprodi) berupa pupuk kompos kepada sejumlah kelompok tani (poktan) di Sumut, berbuah manis. Benih kentang yang diterima sejumlah poktan di wilayah Kabupaten Simalungun dan Samosir menandai berakhirnya pendistribusian bantuan Triwulan I yang bersumber dari APBD Sumut Tahun Anggaran 2023 tersebut.

“Ini berkat dukungan penuh rekan-rekan dari Seksi STO yang telah bekerja maksimal dalam mendistribusikan bantuan benih, sehingga bisa selesai tepat waktu,” puji Kepala Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Lambok Turnip, di ruang kerjanya kawasan Jalan AH Nasution Medan, Selasa (21/03/2023) pagi.

Saat ini, pihaknya masih bekerja menyusun rencana pendistribusian bantuan benih untuk Trriwulan II. Tujuannya agar para petani penerima bantuan tidak terhambat untuk melakukan proses pertanaman.

“Kalau pada tahun sebelumnya, tidak sedikit petani yang terlambat melakukan pertanaman karena benih atau bibit bantuan belum datang, tahun ini kita sesuaikan pemberian bantuan sebelum para petani melakukan pertanaman,” tegasnya.

Sementara, Kepala Seksi STO Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Adri Airil Nasution, menjelaskan, bantuan benih kentang diberikan kepada tujuh poktan di tiga desa Kecamatan Harian Kabupaten Samosir seluas 8 hektar (ha) serta lima poktan di empat desa yang masuk wilayah dua kecamatan, yakni Silimakuta dan Dolok Silau untuk pertanaman seluas 8 ha.

“Sesuai permintaan petani, benih kentang yang diberikan varietas Granola dan pupuk kompos,” ujarnya.

Pendistribusian benih kentang ke Poktan Reformasi Desa Panribuan Kecamatan Dolok Silau Kabupaten Simalungun, Senin (20/03/2023). Foto Ist 
Adri merinci, sejumlah poktan penerima bantuan benih kentang di Kecamatan Harian Kabupaten Samosir itu, yakni Pasorba, Tani Sukses dan Dosroha Desa Partungko Naginjang, Marsada, Tani Maju dan Nauli Basa Desa Hariara Pintu, serta Maju Bertani Desa Hutagalung. 

“Untuk Poktan Pasorba dan Tani Sukses, masing-masing mendapatkan alokasi pertanaman seluas 1,5 hektar, dan poktan lainnya masing-masing seluas 1 hektar,” tutur Adri.

Begitu juga di Kabupaten Simalungun, Adri menyatakan, sebanyak empat poktan, masing-masing Sapangambei dan Lega Hati di Desa Purba Tua Etek Kecamatan Silimakuta, serta Poktan Reformasi Desa Panribuan dan Arih Ersada Desa Cingkes di Kecamatan Dolok Silau, juga mendapatkan bantuan benih dan saprodi untuk pertanaman seluas 1,5 ha. Khusus Poktan Maju Sejahtera Desa Tanjung Purba Kecamatan Dolok Silau yang dipimpin Johan, dialokasikan seluas 2 ha.

“Untuk petani di Kabupaten Samosir, jadwal tanam mereka berkisar pada bulan Maret-April 2023, dan di Kabupaten Simalungun sekitar bulan April hingga Mei 2023,” paparnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Ketapang TPH Sumut, H Rajali, melalui Sekretaris, Hj Lusyantini, menyambut positif pendistribusian yang selesai secara tepat waktu tersebut.

“Alhamdulillah pendistribusian pada Triwulan I selesai sesuai rencana dan semoga untuk tahap berikutnya juga berjalan lancar,” tuturnya melalui telepon seluler.

Ia berharap, perbaikan sistem pendistribusian benih atau pun bibit bantuan ini akan membawa dampak positif bagi para petani penerima, sehingga lebih bersemangat melakukan budidaya pertanaman.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berharap, beragam bantuan yang diberikan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga petani,” sebutnya. Fey

Pendistribusian bantuan pupuk sebagai pelengkap benih kentang di Poktan Pasorba Desa Partungko Naginjang Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Senin (20/03/2023). Foto Ist


Komentar

Berita Terkini