|

Mentan SYL Resmikan KPT Hortikultura di Samosir

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menerima kalungan bunga saat tiba di lahan KPT Desa Hariara Pintu Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Selasa (28/02/2023) siang. Foto Ist
Pangururan | Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) meresmikan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) tanaman hortikultura seluas 1.000 hektar (ha) di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (28/02/2023).

“Terima kasih kepada bapak Bupati Samosir yang telah membuat KPT dan saya berharap bisa dikelola agar hasilnya lebih baik lagi dibandingkan tempat lainnya,” papar Mentan SYL yang hadir bersama Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto dan Dirjen Sarana dan Prasarana Pertanian, Ali Jamil.

Ia menyatakan, tugas seorang bupati adalah menemukan hal-hal yang dibutuhkan oleh rakyatnya. Sesuai wilayahnya, kata Mentan SYL, pertanian, khususnya tanaman hortikultura, dinilai sangat tepat untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Samosir.

“Terobosan bapak bupati menghadirkan KPT sudah tepat karena akan menjadi lokomotif untuk menarik pertanisuddi tempat lain,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Samosir, Vandiko Gultom, berterima-kasih atas kehadiran Mentan SYL dan rombongan untuk meresmikan KPT ini. 

“Semoga kedepannya, dukungan dan bimbingan dari pihak Kementerian Pertanian dapat terus mengalir ke Kabupaten Samosir,” harapnya.

Bupati Vandiko Gultom menambahan, lahan KPT tersebut bakal ditanami beragam jenis tanaman, mulai bawang merah, bawang putih, kubis, dan kentang.

Kadis Ketapang TPH Sumut, H Rajali, saat mendampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo di lahan KPT tanaman hortikultura Desa Hariara Pintu Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Selasa (28/02/2023). Foto Ist 
Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut, H Rajali, yang ditemui disela kegiatan, mengklaim akan mendukung penuh keberadaan KPT yang ada di wilayah tugasnya, termasuk di Desa Hariara Pintu Kecamatan Harian ini.

“Kita mengalokasikan sejumlah bantuan, baik bibit maupun saprodi (sarana produksi pertanian, red) ke KPT di wilayah Provinsi Sumatera Utara, termasuk  di Kabupaten Samosir ini,” sebut Rajali yang saat itu didampingi Kepala Bidang (Kabid) Hortikultura, Lambok Turnip, Kabid Sarana Prsarana, Heru Suwondo, Kepala UPT Gabe Hutaraja Tapanuli Utara, Unedo Koko Nababan serta Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Adri Airil Nasution. 

Selain itu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pertanian setempat juga akan mengawal secara intensif pertanaman di KPT agar hasilnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani Samosir. 

“Tidak hanya mengalokasikan bantuan bibit dan saprodi, Dinas Ketapang TPH Sumatera Utara juga akan mengawal secara intensif pertanaman di lahan KPT ini,” tandasnya. Fey

Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Adri Airil Nasution (paling kiri) di lahan KPT tanaman hortikultura Kabupaten Samosir, beberapa waktu lalu. Foto Ist 


Komentar

Berita Terkini