|

Sartono Amnas Pimpin KTNA Sumut ke Penas XVI Sumbar

Wakil Ketua I KTNA Sumut, Sartono Amnas, saat menjadi nara sumber dalam pertemuan Evaluasi Penyelenggaraan Penyuluh Tahun 2022 di Hotel Horison Siantar, beberapa waktu lalu. Foto Ist
Medan | Wakil Ketua I Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sumut, Sartono Amnas, dipercaya memimpin KTNA Sumut ke perhelatan Pekan Nasional KTNA XVI di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), 10-15 Juni 2023. 
 
 “Kita harus segera berbenah diri untuk menghadapi Pekan Nasional KTNA XVI di Padang, Sumatera Barat,” papar Sartono dalam kegiatan Rembug Harian KTNA Sumut Tahun 2022 Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, di Aula Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH), kawasan Jalan AH Nasution Medan, Selasa (20/12/2022). 

Ia berharap, para pengurus KTNA kabupaten/kota segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah masing-masing  untuk menyiapkan peserta yang menjadi anggota kontingen Sumut ke Penas XVI di Sumbar. Selain itu, diharapkan setiap daerah juga menampilkan peserta terbaik untuk menjadi peserta beragam perlombaan di ajang Penas XVI. 

“Koordinasikan dengan pemerintah kabupaten/kota masing-masing agar peserta Penas XVI biisa difasilitasi pemerintah daerah,” tuturnya. 

Pada kesempatan itu, Sartono juga bertekat melakukan pembenahan  internal organisasi. Pasalnya, saat melakukan konsolidasi ke kabupaten/kota sebelumnya, ia mendapatkan banyak masukan seputar peran KTNA terhadap kemajuan sektor pertanian. Lebih menohok lagi, saat pihak dinas pertanian di salah satu kabupaten menyatakan, pengurus KTNA setempat hanya muncul untuk keperluan tertentu saja. 

“Ini tidak bisa dibiarkan karena sudah mempermalukan organisasi KTNA akibat oknum pengurus yang tidak bertanggungjawab,” kecamnya. 

Ia meminta segenap pengurus KTNA Sumut untuk melakukan introspeksi demi pengembangan organisasi di masa mendatang.

“Selama ini dinas pertanian yang selalu disalahkan karena tidak peduli. Kenyataannya, oknum pengurus KTNA di kabupaten/kota yang memang belum maksimal berbuat untuk petani,” tegasnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas TPH Sumut, Hj Lusyantini, berharap, Ketua KTNA Sumut segera terisi setelah Hj Taty Habib tutup usia beberapa waktu lalu. Hal ini mengingat, kepengurusannya berakhir pada Desember 2023 mendatang.

“KTNA Sumatera Utara membutuhkan figur Ketua yang mampu membawa organisasi ini semakin berkembang di masa mendatang," ujarnya.

Satu hal penting lagi, kata Lusyantini, penunjukan Sartono sebagai pemimpin KTNA Sumut di ajang Penas XVI Sumbar dinilai tepat.

"Saya mengenal Bapak Sartono ini sebagai petani di Kabupaten Langkat, sehingga memahami suka-duka kaum tani yang menjadi modal penting dalam memimpin KTNA Sumatera Utara ke Penas XVI di Padang pada tahun depan," tandasnya. Fey

Komentar

Berita Terkini