|

Bantuan Hortikultura P-APBD Sumut 2022 Didistribusikan

Anggota Fraksi Partai Golkar dari daerah pemilihan Karo, Dairi dan Pakpak Bharat, Dante Ginting, didampingi Kepala Seksi Sayur dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Adri Airil Nasution (kemeja putih), foto di depan truk pengangkut bantuan bibit kentang untuk poktan di Desa Naman Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo, Rabu (30/11/2022). Foto Ist
Kabanjahe | Beragam bantuan bibit tanaman hortikultura yang bersumber dari P-APBD Sumut Tahun Anggaran 2022 mulai didistribusikan pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut kepada para petani.

“Kita sebar staf di beberapa kabupaten penerima bantuan agar distribusi segera rampung, mengingat keterbatasan waktu yang ada,” ungkap Kepala Seksi Sayur dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Adri Airil Nasution, melalui sambungan telepon dari lokasi penyerahan bantuan di Desa Payung Kecamatan Payung Kabupaten Karo, Rabu (30/11/2022) siang.

Saat bertelepon, Adri mengaku sedang mendampingi Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut, Dante Ginting, yang berkesempatan menyerahkan bantuan bibit bawang merah sebanyak 700 kg per hektar (Ha) berikut saprodi kepada anggota Kelompok tani (Poktan) Juma Belan Desa Payung Kecamatan Payung Kabupaten Karo. Tidak hanya itu, wakil rakyat dari daerah pemilihan Karo, Dairi dan Pakpak Bharat ini juga menyerahkan secara simbolis bibit kentang kepada anggota poktan di Desa Naman Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo, serta pupuk untuk paket bantuan benih cabai merah.

“Selain bibit bawang merah dan saprodi (sarana produksi pertanian, red) lainnya seperti pupuk kompos, Karo juga mendapatkan bantuan dari P-APBD Sumut tahun 2022, benih cabai merah dan bibit kentang,” papar Adri.

Selain Karo, lanjutnya, pendistribusian bantuan saprodi dari P-APBD Sumut tahun 2022 juga sedang berlangsung di sejumlah kabupaten lainnya. Tercatat, ada lima kabupaten yang mendapatkan bantuan bibit bawang merah, masing-masing, Karo, Serdangbedagai (Sergai), Simalungun, Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan. Berbeda dengan bantuan bibit bawang merah yang jumlahnya mencapai tujuh kabupaten, yakni Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Deliserdang, Sergai, Batubara dan Padang Lawas Utara.

“Bantuan bibit bawang merah yang bersumber dari P-APBD Sumatera Utara Tahun Anggaran 2022 untuk pertanaman seluas 26 hektat dan cabai merah seluas 56 hektar,” sebutnya.

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Lambok Turnip.

“Seluruh staf sudah bergerak mendistribusikan bantuan ke berbagai kabupaten agar petani bisa segera mengolah lahan pertanamannya,” tutur Lambok Turnip melalui telepon selulernya.

Beberapa saf Seksi Sayur dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, mendistribusikan bibit bawang merah bantuan kepada Poktan Dalanta RUP di Kecamatan P Silimakuta Kabupaten Simalungun, Rabu (30/11/2022). Foto Ist
Dicontohkan, anggota Poktan Dalanta RUP dan Poktan Garuda Mas di Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun telah menerima bantuan bibit bawang merah. Begitu juga pupuk kompos yang masuk dalam paket bantuan cabai merah, telah diterima sejumlah poktan, diantaranya Poktan Tani Makmur Desa Payung Kecamatan Payung dan Poktan Parsadanta Desa Naman Kecamatan Naman Teran, keduanya di Kabupaten Karo, Poktan Mawar Desa Huta Namale Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal.

“Kita juga sedang mendistribusikan bibit jahe gajah ke Poktan Mawar Desa Huta Namale Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal,” urainya.

Sementara, Dante Ginting mengklaim, bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatiannya terhadap konstituen (pemilih, red) nya.

“Tolong manfaatkan bantuan saprodi (sarana produksi pertanian, red) ini dengan sebaik-baiknya demi peningkatan kesejahteraan keluarga petani,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Karo, diwakili Kepala Bidang Hortikultura, Michael Purba, yang turut hadir, berterima-kasih atas kepedulian wakil rakyat dan Pemerintah  Provinsi Sumut tersebut.

"Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi petani yang memang mengandalkan sektor pertanian untuk menghidupi keluarganya," tukas Michael Purba.

Secara terpisah, Plt Kadis TPH Sumut, Hj Lusyantini, menyambut positif keterlibatan anggota DPRD Sumut yang telah memperjuangkan anggaran untuk bantuan kepada petani tersebut.

“Kita selalu siap membantu demi peningkatan keluarga petani,” tandasnya. Fey

Staf Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut ( dua dari kiri) mendistribusikan bantuan pupuk organik ke Desa Huta Namale Kecamatan Punak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (30/11/2022). Foto Ist


Komentar

Berita Terkini