|

Tiga Puskesmas di Humbahas Dapat Mobil Ambulan

Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE, menyerahkan secara simbolis bantuan mobil ambulan kepada perwakilan tiga Puskesmas dan Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Humbahas, di Mess Pemkab Humbahas kawasan Kecamatan Baktiraja, Rabu 09/11/2022). Foto Ist
Doloksanggul | Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor SE, menyerahkan bantuan mobil ambulan kepada pihak UPT Puskesmas Baktiraja, Parlilitan, Pakkat dan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) di Mess Pemkab Humbahas kawasan Kecamatan Baktiraja, Rabu (09/11/2022). 

"Jaga dan rawat ambulan bantuan pemerintah ini agar bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat, terutama yang tinggal di pelosok desa, sehingga derajat kesehatan masyarakat Humbang Hasundutan meningkat," imbau Bupati Dosmar, usai menyerahkan bantuan.

Ia juga mengingatkan para tenaga medis bekerja secara bersama-sama dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat. Pada kesempatan itu, Anggota DPRD Humbahas, Poltak Purba sangat mengapresiasi pemberian bantuan ambulan tersebut. 

“Ini suatu motivasi baru, harapan kita agar lebih bersemangat, dipergunakan untuk masyarakat, jangan salah gunakan," tegasnya.

Sementara, Plt Kadis Kesehatan P2KB Kabupaten Humbahas, Christina Clara, menjelaskan mobil ambulan yang diterima pihak Puskesmas Parlilitan dan Baktiraja bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus) 2022 Kementerian Kesehatan RI. Sementara, bantuan mobil ambulan untuk Dinas Kesehatan P2KB berasal dari DAK 2022 Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional BKKBN) I. 

Berbeda dengan mobil ambulan yang diterima pihak Puskesmas Pakkat, merupakan mobil Dinas Kesehatan P2KB hasil refocusing APBD 2021. 

"Sebelumnya, mobil itu digunakan untuk penanganan pasien pandemi Covid-19. Tapi karena kasusnya di Kabupaten Humbang Hasundutan sudah menurun, mobil itu diserahkan ke UPT Puskesmas Pakkat," sebutnya.

Clara mengklaim, nantinya mobil bantuan yang diterima pihak Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Humbahas digunakan untuk antar-jemput akseptor KB dan pendampingan keluarga stunting ke Dinas Kesehatan P2KB Humbahas.

Berdasarkan pengamatan, mobil ambulan Puskesmas Parlilitan diterima dr Lisbeth Yenni Sitohang, Puskesmas Baktiraja diterima drg Grace Masria Sitompul, Puskesmas Pakkat diterima dr Robecca Beluta Ambarita dan mobil antar jemput akseptor KB diterima langsung Plt Kadis Kesehatan P2KB Humbahas, Christina Clara. 

Tampak hadir, Asisten Administrasi Umum Drs Janter Sinaga, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Makden Sihombing SSos, Kepala BPKPD, Drs John Harry MMA, Inspektur Kabupaten, Drs Bilson P Siahaan MM, dan Camat Baktiraja, Sanggam Lumbangaol. Fey

Komentar

Berita Terkini