|

Poktan Kasih Bersama Batubara Terima Solar Dryer Dome

Plt Kadis TPH Sumut, Hj Lusyantini, didampingi sejumlah staf, foto bersama dengan anggota Poktan Kasih Bersama yang menerima bantuan Solar Dryer Dome, di Desa Perupuk Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batu Bara, beberapa waktu lalu. Foto Ist  
Medan I Para petani hortikultura di wilayah Desa Perupuk Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batu Bara tidak perlu lagi bingung untuk mengeringkan hasil panennya. Satu unit alat pengering Solar Dryer Dome bantuan dari pihak Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Kementerian Pertanian yang disalurkan melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, menjadi solusinya.

“Solar Dryer Dome menggunakan tenaga matahari yang sangat membantu para petani mengeringkan hasil panen agar bertahan lebih lama dan tetap berkualitas,” papar Plt Kepala Dinas TPH Sumut, Hj Lusyantini, usai menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut kepada perwakilan Poktan Kasih Bersama di depan bangunan Solar Dryer Dome kawasan Desa Perupuk Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batu Bara, pekan lalu.

Ia mengemukakan bantuan Prasarana Pengolahan Hasil yang bersumber dari APBN 2022 tersebut memiliki sistem pengeringan yang menggunakan bahan polycarbonate dan mampu bertahan antara 10 hingga 30 tahun. Melalui Solar Dryer Dome, para petani tidak perlu khawatir lagi akan curah hujan saat mengolah hasil panen, termasuk debu yang kerap hinggap pada produk olahan bila dijemur di ruang terbuka.

“Bangunan ini akan membantu para petani menghasilkan produk berkualitas dan terjamin kesehatannya,” tegas Lusyantini.

Secara terpisah, Kepala Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Lambok Turnip, menjelaskan, sejak tahun 2019 pihak Kementan telah memfasilitasi bantuan Solar Dryer Dome kepada sejumlah pelaku usaha pengolahan hasil pertanian yang selama ini menggunakan metode pengeringan konvensional, yakni menjemur di ruang terbuka dengan berharap sinar matahari. 

“Penggunaan teknologi pengeringan memanfaatkan sinar matahari merupakan solusi terbaik agar para pelaku usaha pengolahan hasil produk hortikultura menghasilkan produk berkualitas dan terjamin kesehatannya,” ujar Turnip di ruang kerjanya, kawasan Jalan AH Nasution Medan, Senin (07/11/2022) pagi.

Bangunan pengering Solar Dryer Dome bantuan Prasarana Pengolahan Hortikultura dari Ditjen Hortikultura Kementan yang diterima Poktan Kasih Bersama Desa Perupuk Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batu Bara, beberapa waktu lalu. Foto Ist 


Ia mengklaim, para pengguna Solar Dryer Dome akan mendapatkan produknya kering lebih cepat tanpa menghilangkan aroma khas dan rasanya. 

“Bagi konsumen, aroma khas dan rasa suatu produk sangat penting,” tukasnya yang saat itu didampingi Kepala Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu Bidang Hortikultura, Mohd Adli Putra.

Para pelaku usaha pengolahan hasil pertanian, kata Turnip, disarankan untuk memasukkan produknya ke dalam dome saat pagi. Nantinya, sinar matahari akan menyinari dome, dan panasnya diserap bangunan tersebut. 

“Lantai dome terbuat dari semen sehingga panasnya merata dan tidak bocor,” urai Turnip. Fey

Komentar

Berita Terkini