|

Sumut Krisis Tenaga POPT-PHP

Kepala Laboratorium PHP Padang Balangka Sidimpuan, Marsimin (pakai lobe putih), mendengarkan penjelasan dari Kasubbag Tata Usaha UPT PTPH Sumut, Sa'adi, yang berkunjung untuk melaksanakan kegiatan pembinaan, Kamis (29/09/2022) siang. Foto Fey

Sidimpuan- Keterbatasan personil tidak menghalangi pihak pengelola Laboratorium Pengamat Hama dan Penyakit (PHP) Padang Balangka Kota Padangsidimpuan untuk membina para petani di tujuh kabupaten yang menjadi wilayah kerjanya. 

“Kita harus tetap membina para petani di Kabupaten Tapteng (Tapanuli Tengah, red), Tapanuli Selatan, Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal dan Kepulauan Nias, meski krisis tenaga POPTL-PHP,” ungkap Kepala Laboratorium PHP Padang Balangka, Marsimin SP, di ruang kerjanya, Jalan Perintis Kemerdekaan No 54 Padangsidimpuan, Kamis (29/09/2022) siang.

Padahal, lanjutnya, wilayah tugas para personil POPT-PHP cukup luas. Untuk Kabupaten Tapteng misalnya, personil POPT-PHP hanya tiga orang yang membawahi 24 kecamatan. Bahkan, di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), dua personil harus membawahi sembilan kecamatan. Ironisnya, satu personil POPT-PHP di Kabupaten Paluta segera memasuki masa purna bhakti pada tahun ini.

“Idealnya, setiap kecamatan memiliki satu personil POPT-PHP. Ini yang membuat kami harus selalu berinovasi agar pembinaan terhadap petani tetap berjalan lancar,” ujar Marsimin.

Di bawah koordinasi Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPT PTPH) Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, pihaknya berupaya semaksimal mungkin melaksanakan dan mengembangkan Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dan rekomendasi pengendalian, sesuai tugas  dan fungsi institusi ini.

“Ini untuk mewujudkan visi kita menjadi Laboratorium PHP yang terpercaya dan sebagai pusat informasi tentang OPT yang aman dan terkendali,” sebutnya dihadapan Kasubbag Umum Dinas TPH Sumut, Syarifuddin Siregar, dan Kasubbag Tata Usaha UPT PTPH Sumut, Sa'adi yang berkunjung dalam rangka melakukan tugas pembinaan ASN dan non-ASN di jajaran Dinas TPH Sumut.

Marsimin menjelaskan, sejumlah fungsi yang terus dilakukan pihaknya, diantaranya melakukan analisis data seputar serangan OPT di lapangan, menyusun program sekaligus evaluasi peramalan OPT pangan dan hortikultura, serta memantau dan mengevaluasi penerapan teknologi pengamatan, peramalan dan pengendalian OPT.

“Kita juga memberikan layanan informasi dan teknis, termasuk rekomendasi tentang OPT,” papar Marsimin.

Selain itu, pihaknya selalu mengkaji dan mengembangkan teknologi pengamatan, peramalan dan pengendalian OPT sesuai konsep Pengendalian Hama Terpadu.

“Setiap bulan kita melakukan rapat koordinasi sekaligus evaluasi di kantor ini dengan para koordinator Pengendali POPT-PHP yang berada di wilayah kerja Laboratorium PHP Padang Balangka untuk bertukar pengalaman dan mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan,” sebutnya.

Sementara, Kasubbag TU UPT PTPH Sumut, Sa'adi, menjelaskan, jumlah personil POPT-PHP sebanyak 163 orang yang membawahi sekira 450 kecamatan.  Dari 163 personil itu, sebanyak 60 personil berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sisanya yakni 103 orang merupakan POPT THL (Tenaga Harian Lepas, red). 

“Dari sebanyak 103 personil POPT THL itu, sebanyak 16 orang diantaranya digaji dari APBD Sumut dan sisanya APBN,” sebutnya.

Kantor Laboratorium PHP Padang Balangka Sidimpuan yang membawahi tujuh kabupaten, Kamis (29/09/2022). Foto Ist

Ia mengakui, peluang untuk penambahan tenaga POPT-THL dari APBN sudah tidak memungkinkan lagi. Sementara, bila berharap dari APBD Sumut, saat ini belum memungkinkan.

Hal itu dibenarkan Kepala UPT PTPH Sumut, Marino, yang dihubungi via telepon selulernya.

“Sejak beberapa tahun lalu kita berupaya mengajukan penambahan tenaga POPTL-PHP, namun belum terealisasi sampai sekarang,” tukasnya.

Kendati demikian, Marino optimistis para punggawa pengawal pertanaman komoditas pangan dan hortikultura di Sumut itu mampu meminimalisir kekurangan personil tersebut.

“Saya yakin dan percaya kawan kawan di lapangan tetap mampu melakukan pembinaan sesuai tugas pokok dan fungsinya,” tandas Marino. Fey

Komentar

Berita Terkini